Gol Kontroversi Bahrain di Menit 90+9 Buyarkan Kemenangan Timnas Indonesia

  • Arry
  • 11 Okt 2024 04:48
Bahrain vs Indonesia: Ragnar Oratmangoen mencetak satu gol saat Indonesia ditahan Bahrain 2-2(pssi/pssi.org)

Timnas Indonesia gagal meraih kemenangan saat bertamu ke markas Bahrain di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Tiga angka yang sudah di depan mata sirna oleh gol kontroversi Bahrain di menit 90'+9.

Duel Bahrain vs Indonesia digelar dalam rangka matchday ketiga Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Laga ini digelar di Bahrain National Stadium, Kamis, 10 Oktober 2024 malam WIB.

Bahrain langsung tampil menyerang. Hasilnya, di menit ke-14 mereka unggul lewat gol Mohamed Mahroon.

Gol tercipta dari sebuah eksekusi tendangan bebas. Bola yang mengarah ke kiri gawang tak dapat dihalau Maarten Paes.

Tertinggal satu gol, Indonesia terus tertekan. Skuat Garuda baru dapat keluar dari tekanan di menit ke-30.

Baca juga
Kenangan Pahit Timnas Indonesia Dibantai 0-10 Oleh Bahrain di Kualifikasi Piala Dunia

Gol yang dinanti Indonesia akhirnya terjadi di masa injury time babak pertama. Ragnar Oratmangoen sukses menjebol gawang Bahrain.

Gol tercipta dari sebuah serangan dari sisi kanan. Terjadi kemelut di kotak penalti Bahrain, dan bola liar berhasil dieksekusi Oratmangoen dengan sempurna.

Gol ini sempat ditinjau wasit Ahmed Al Kaf asal Oman melalui VAR atas dugaan pelanggaran handsball maupun offside. Namun gol akhirnya disahkan wasit. Babak pertama berakhir dengan skor 1-1.

Di babak kedua, pelatih Shin Tae-yong melakukan perombakan pemain. Rizky Ridho dan Eliano Reijnders dimasukkan menggantikan Jordi Amat dan Sandy Walsh.

Perombakan pemain ini membuat permainan menjadi berimbang. Di menit 70, Indonesia membuat peluang. Bola dari tendangan bebas yang dilakukan Calvin Vardonk tepat mengarah kiper Bahrain, Ebrahim Lutfalla.

Baca juga
Hasil Kualifikasi Piala Dunia: Australia Menang Dramatis Atas China

Indonesia akhirnya berbalik unggul di menit ke-75. Gol kedua Merah Putih ini dicetak Rafael Struick melalui sebuah tembakan jarak jauh melengkung. Indonesia berbalik unggul 2-1.

Bahrain mencoba mengejar ketertinggalan lewat tendangan jarak jauh. Namun, tembok Indonesia yang dikawal Maarten Paes masih mampu menjaga gawangnya tak kebobolan.

Hingga menit 90 kedudukan tetap 2-1 untuk keunggulan Indonesia. Wasit memberikan waktu tambahan injury time selama 6 menit.

Bahrain pun menggunakan waktu enam menit dengan terus menggempur pertahanan Indonesia. Namun tak ada gol tercipta.

Hingga akhirnya pada menit 90+8, Bahrain mendapatkan tendangan pojok. Dari skema ini, Bahrain berhasil menyamakan skor lewat tendangan Mahroon.

Usai gol tercipta, wasit langsung meniup peluit panjang tanda pertandingan usai. Keputusan wasit ini mendapat protes dari skuat Indonesia. Sebab, gol kedua Mahroon itu berbau offside. Selain itu, gol terjadi tiga menit setelah masa injury time yang ditentukan.

Namun wasit Al Kaf tetap pada keputusannya. Pertandingan berakhir imbang 2-2.

Susunan Pemain

Indonesia: Maarten Paes, Mees Hilgers, Jay Idzes, Jordi Amat, Calvin Verdonk, Sandy Walsh, Ivar Jenner, Thom Haye, Rafael Struick, Malik Risaldi, Ragnar Oratmangoen.

Bahrain: Ebrahim Lutfalla, Amine Benaddi, Vincent Emmanuel, Abdulla Alkhalasi, Waleed Alhayam, Abbas Fadhel, Ali Madan, Mohamed Marhoon, Ali Haram, Mahdi Abdul Jabar.

Artikel lainnya: Ayam Goreng dan Ayam Penyet Masuk Daftar Ayam Goreng Terbaik di Dunia

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait