Kenangan Pahit Timnas Indonesia Dibantai 0-10 Oleh Bahrain di Kualifikasi Piala Dunia

  • Arry
  • 9 Okt 2024 18:07
Pengalaman pahit saat Timnas Indonesia dibantai 0-10 dari Bahrain di Kualifikasi Piala Dunia(tangkapan layar/youtube)

Timnas Indonesia akan menghadapi Bahrain dalam matchday ketiga Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026. Skuat Garuda memiliki pengalaman pahit saat berhadapan dengan Al Ahmar atau Si Merah.

Duel Bahrain vs Indonesia digelar di National Stadium Bahrain, Riffa, Kamis, 10 Oktober 2024. Kick off dimulai pukul 23.00 WIB.

Indonesia saat ini menduduki peringkat 129 FIFA. Sementara, Bahrain berada di posisi lebih tinggi yakni 76 dunia.

Timnas Indonesia tercatat sudah tujuh kali bertemu. Hasilnya, Indonesia menang dua kali, Bahrain menang tiga kali, sedangkan sisanya berakhir imbang.

Baca juga
Kapan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Bahrain vs Indonesia, Ini Jadwal Timnas Day

Namun, pertemuan terakhir Indonesia dan Bahrain menjadi pertemuan terburuk bagi Indonesia. Sebab, saat itu Skuat Garuda dibantai 0-10 oleh Bahrain.

Pengalaman pahit itu terjadi dalam Kualifikasi Piala Dunia 2014 yang digelar di Stadion Nasional Bahrain, Riffa, pada 29 Februari 2012. Kala itu Indonesia dilatih Aji Santoso.

Sebagai catatan, saat itu kondisi sepakbola Indonesia tengah kisruh. Bahkan terjadi dualisme kepemimpinan di PSSI dan liga. Akhirnya Aji Santoso pun tak dapat memilih pemain terbaiknya saat menghadapi Bahrain.

Saat itu, pemain bintang yang dipanggil seperti Ferdinand Sinaga, serta dua pemain naturalisasi Irfan Bachdim dan Diego Michiels.

Saat pertandingan baru berjalan tiga menit, Indonesia langsung kehilangan kiper Syamsidar akibat kartu merah. Babak pertama, Indonesia kebobolan empat gol.

Baca juga
Eliano Reijnders dan Mees Hilgers Resmi Jadi WNI, STY : Langsung Gabung Timnas

Di babak kedua, Skuat Merah Putih menjadi bulan-bulanan pemain Bahrain. Setengah lusin gol pun bersarang di gawang Indonesia. Hasilnya, Bahrain menang 10-0. Ini menjadi rekor kemenangan terbesar bagi Bahrain, dan rekor kekalahan terburuk bagi Indonesia.

Pertandingan ini pun sempat diusut FIFA. Sebab, hasilnya sangat di luar perkiraan.

Sebab, saat itu Bahrain pun membutuhkan kemenangan dengan selisih sembilan gol untuk lolos ke fase selanjutnya. FIFA pun mencium adanya dugaan match fixing dalam laga tersebut. Namun, dari hasil pengusutan FIFA, tidak ditemukan adanya pengaturan skor dari Indonesia dan Bahrain.

Kini Indonesia berpeluang memperbaiki kekalahan telak tersebut. Apalagi pasukan yang kini dilatih Shin Tae-yong tengah berada pada performa yang terus meningkat.

Bagaimana hasil pertandingan Bahrain vs Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026, tunggu duelnya pada Kamis, 10 Oktober malam.

Artikel lainnya: BPOM Rilis 10 Obat Herbal Bikin Gagal Ginjal dan Jantung: Cobra India, Tongkat Arab

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait