Eliano Reijnders dan Mees Hilgers Resmi Jadi WNI, STY : Langsung Gabung Timnas

  • Arry
  • 1 Okt 2024 09:26
Eliano Reijnders dan Mees Hilgers ucap sumpah menjadi Warga Negara Indonesia(pssi/pssi)

Eliano Reijnders dan Mees Hilgers resmi menjadi warga negara Indonesia. Keduanya telah melakukan pengambilan sumpah setia pewarganegaraan.

Pengambilan sumpah setia pewarganegaraan Mees dan Eliano digelar di KBRI di Brussel, Belgia, pada Senin, 30 September 2024 waktu setempat. Hal ini dilakukan PSSI satu minggu usai Mees dan Eliano disetujui DPR untuk menjadi WNI.

Pengambilan sumpah Mees dan Eliano dihadiri Dirjen Administasi HUkum Umum Cahyo Rahadian Muzhar. Acara ini juga disaksikan Dubes RI untuk Belgia dan Uni Eropa, Andri Hadi, serta anggota Komite Eksekutif PSSI, Arya Sinulingga.

Eliano Reijnders saat ini bermain di klub liga Belanda Eredivisie, PEC Zwolle. Ia merupakan adik kandung dari gelandang klub AC Milan dan Timnas Belanda, Tijjani Reijnders.

Eliano yang kini berusia 23 tahun memiliki darah Indonesia karena sang ibu, Angelina Syane Lekatompessy bersuku Ambon dan lahir di Jakarta.

Baca juga
Hasil Liga Europa: Mees Hilgers Pimpin Twente Tahan MU, Lazio Pimpin Klasemen

Sementara Mees Hilgers saat bermain di klub Eridivisie Belanda, FC Twente. Bek tangguh berusia 23 tahun itu memiliki darah Indonesia melalui sang Ibu, Linda Tombeng yang berasal dari Sulawesi Utara.

Pada pekan lalu, Mees ikut memperkuat Twente saat menghadapi Manchester United di ajang Europa League. Saat itu Twente menahan imbang Setan Merah 1-1.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengapresiasi setinggi-tingginya usaha semua pihak untuk mempercepat proses naturalisasi Eliano dan Reijnders. Mengingat kebutuhan Timnas Indonesia jelang laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

"Saya berterima kasih kepada semua pihak, mulai dari Presiden Jokowi, Komisi III dan X DPR, Dirjen AHU dan Dirjen Imigrasi, serta Dukcapil DKI Jakarta yang memungkinkan percepatan sumpah WNI dua pemain naturalisasi kita, Mees dan Eliano," kata Erick Thohir dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga
Kualifikasi Piala Dunia 2026: Sengit, Indonesia vs Australia 0-0

"Mengapa harus dilakukan di Brussel? Karena kedua pemain itu tidak punya jeda waktu jika pengambilan sumpah harus di Indonesia, sementara kami berharap keduanya sudah bisa bermain saat Timnas berlaga melawan Bahrain dan Cina, Oktober nanti. Ini kerjasama semua pihak, dan saya bangga karena semua bekerja demi Indonesia," kata Erick.

"Saya sangat berharap dukungan yang sudah diberikan maksimal dari semua pihak akan makin memperkuat timnas di dua laga tandang yang sangat krusial melawan tim Bahrain dan Cina."

"Saya optimistis, coach Shin akan punya strategi dan game plan baru dengan kehadiran dua pemain yang merupakan andalan di klubnya masing-masing," ujar Menteri BUMN itu.

Sementara itu, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memastikan langsung memanggil Eliano dan Mees ke Timnas Indonesia. Sehingga keduanya dapat langsung bermain saat Garuda melawan Bahrain dan China.

"Eliano Reijnders dan Mees Hilgers akan gabung langsung melawan Bahrain dan China," kata Shin Tae Yong di Jakarta, Minggu, 29 September.

Timnas Indonesia saat ini berada di peringkat 4 klasemen Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Garuda mengoleksi dua poin dari dua pertandingan.

Dua poin diraih usai menahan imbang Arab Saudi 1-1 di Arab dan imbang 0-0 kontra Australia di Jakarta. Laga selanjutnya, Indonesia akan menghadapi Bahrain dan China pada pertengahan Oktober 2024.

Artikel lainnya: Hasil dan Klasemen Liga Inggris: Liverpool Puncak, Man City Imbang, Man United Jeblok

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait