Intip Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia Usai Imbangi Arab dan Australia

  • Arry
  • 11 Sep 2024 16:58
Kualifikasi Piala Dunia Indonesia vs Australia 0-0(pssi/pssi.org)

Timnas Indonesia meraih dua hasil imbang di laga pembuka Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Hasil itu diraih usai menghadapi dua tim langganan Piala Dunia, Arab Saudi dan Australia.

Skuat Merah Putih bertandang ke Arab Saudi pada 6 September 2024 untuk laga pembuka Grup C Kualifikasi Piala Dunia. Hasilnya, Jay Idzes Cs menahan imbang Arab Saudi 1-1.

Pada 10 September, giliran Timnas Indonesia menjamu Australia. Berdasar rangking FIFA, Indonesia berada di peringkat 133 dan Australia di posisi 24 dunia.

Bermain di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Jay Idzes tampil gemilang dan menahan Socceroos 0-0. Maarten Paes menjadi bintang dalam pertandingan ini.

Baca juga
Kualifikasi Piala Dunia 2026: Sengit, Indonesia vs Australia 0-0

Dengan dua hasil imbang tersebut, Indonesia kini menempati peringkat 4 klasemen sementara Grup C dengan nilai 2. Indonesia berada di bawah Jepang (6 poin), Arab Saudi (4), dan Bahrain (3).

Lalu bagaimana peluang Indonesia lolos ke Piala Dunia? Berikut syaratnya:

1. Juara grup atau jadi runner-up

Indonesia dapat lolos langsung ke Piala Dunia 2026 dengan status juara atau runner up Grup C.

Namun untuk lolos langsung, Indonesia masih harus menjalani sejumlah laga berat lainnya. Skuat Garuda akan tandang ke markas Bahrain pada 10 Oktober 2024 dan China pada 15 Oktober.

Kemudian pada November, Jay Idzes Cs akan menjamu Jepang dan Arab Saudi. Lalu pada Maret 2025, Indonesia akan bertandang ke Australia dan menjamu Bahrain. Dua laga terakhir akan digelar pada Juni 2025, saat itu Indonesia menjamu China dan bertandang ke Jepang.

Baca juga
Kualifikasi Piala Dunia: Arab Saudi vs Indonesia 1-1, Diwarnai Blunder Maarten Paes

2. Juara grup di putaran keempat

Syarat kedua untuk lolos ke Piala Dunia adalah duduk di posisi tiga atau empat di Grup C. Namun, jika finis di peringkat 5 atau 6 maka pupus harapan Indonesia ke Piala Dunia.

Jika finis sebagai peringkat 3 atau 4, Indonesia akan melaju ke putaran empat Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Nantinya, enam negara yang lolos ke fase ini akan dibagi dalam dua grup. Juara grup akan lolos langsug ke Piala Dunia 2026.

3. Lolos play-off kualifikasi

Peluang terakhir syarat Indonesia untuk ke Piala Dunia adalah finis sebagai runner up di putaran keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Jika syarat ini terpenuhi, maka Indonesia akan melaju ke babak Play Off dan akan melawan tim dari konfederasi di luar Asia.

Artikel lainnya: Respons Presiden Jokowi Soal Dugaan Gratifikasi Jet Pribadi ke Kaesang

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait