Cetak Rekor, Saptoyogo Purnomo Raih Medali Pertama Indonesia di Paralimpiade 2024

  • Arry
  • 31 Agt 2024 15:45
Atlet Para Atletik Indonesia Saptoyogo Purnomo meraih perak di Paralimpiade Paris 2024(npc indonesia/kemenpora.go.id)

Saptoyogo Purnomo sukses mempersembahkan medali pertama untuk Indonesia di Paralimpiade Paris 2024. Atlet para atletik Indonesia itu meraih perak pada nomor 100 meter putra klasifikasi T37.

Saptoyogo memulai perjuangan dari babak kualifikasi Paralimpiade 2024 yang digelar Jumat, 30 Agustus 2024 sore WIB. Di babak kualifikasi itu, Saptoyogo berada di posisi ketiga dengan catatan waktu 11,35 detik. Raihan waktu ini cukup membawa Saptayogo berlaga di partai final.

Di partai final yang berlangsung di Stade de France, Paris, pada Sabtu, 31 Agustus 2024 dini hari WIB, Saptoyogo finis di tempat kedua. Dia bahkan memperbaiki catatan waktunya menjadi 11,26 detik. Di posisi pertama ditempati Ricardo Gomes dengan catatan 11,07 detik.

Catatan waktu 11,26 detik memastikan Saptoyogo meraih medali perak, sekaligus memecahkan rekor Asia yang dibuatnya pada ASIAN Para Games 2022. Kala itu, Saptoyogo meraih medali emas dengan catatan waktu 11,28 detik.

Oleh tim pelatih, Saptoyogo sebanarnya dibebani target medali perunggu pada Paralimpiade 2024 atau sama yang dia dapatkan pada Paralimpiade Tokyo 2020. Namun Saptoygo mampu melebihi harapan dengan meraih perak.

"Sempat down karena ada lawan-lawan yang baru dan saya tidak tahu catatan waktu terbaik mereka, tetapi saya menguatkan tekad untuk harus melakukan yang terbaik agar bisa meraih medali ini," kata Saptoyogo dikutip dari laman Kemenpora.

"Saya tidak menyangka bisa pecah rekor pribadi karena situasinya hujan. Saat hujan bisa tidak maksimal karena bisa mempengaruhi otot di kaki atau tangan. Jadi saya hanya optimis untuk meraih medali," papar Saptoyogo.

"Untuk istri, terima kasih telah mendukung saya dan selalu memotivasi saya. Semoga ini bukan momen terakhir untuk mendapatkan medali. Ini harus berkelanjutan untuk mendapatkan medali," tutur Saptoyogo.

Artikel lainnya: Jadwal Liga Inggris Pekan Ini: Dibuka Arsenal vs Brighton, Ditutup MU vs Liverpool

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait