Menang Dramatis dari Tuan Rumah Prancis, Spanyol Raih Medali Emas Olimpiade 2024

  • Arry
  • 10 Agt 2024 13:49
Spanyol meraih medali emas Olimpiade 2024 usai mengalahkan tuan rumah Prancis 5-3(fifa/fifa.com)

Spanyol berhasil meraih medali emas cabang sepakbola Olimpiade Paris 2024. Di partai final, La Furia Roja menang dramatis atas tuan rumah, Prancis.

Duel Prancis vs vs Spanyol digelar di Parc des Princes, Jumat, 9 Agustus 2024 malam WIB. Pertandingan harus berlangsung 120 menit untuk menentukan pemenang.

Prancis langsung unggul cepat di menit 11. Enzo Millot mencetak gol usai tembakannya gagal diantisipasi sempurna oleh kiper Arnau Tenas.

Namun keunggulan Prancis tak berlangsung lama. Di menit ke-18, Fermin Lopez menyamakan skor menjadi 1-1 usai menyambut umpan terobosan Alex Baena.

Tujuh menit berselang, Fermin Lopez membawa Spanyol berbalik unggul. Gol tercipa usai Lopez menyambar bola liar di kotak penalti.

Spanyol bahkan menambah gol di menit ke-28 lewat gol yang dicetak Baena. Gol tercipta melalui tendangan bebas langsung yang dilepaskan Baena ke sudut kiri gawang Prancis tanpa mampu dihalau kiper.

    Prancis vs Spanyol 3-5: Alex Baena mencetak 1 gol dan 1 assis untuk Spanyol (fifa.com)
Prancis vs Spanyol 3-5: Alex Baena mencetak 1 gol dan 1 assis untuk Spanyol (fifa.com)

Keunggulan Spanyol 3-1 ini bertahan hingga babak pertama berakhir.

Di babak kedua, Prancis berhasil memperkecil ketertinggalan di menit ke-78. Sebuah tendangan bebas yang dilepas Michael Olise berhasil dibelokkan Maghnes Akliouche dan masuk ke gawang Spanyol. Skor Prancis vs Spanyol 2-3.

Kemenangan Spanyol yang sudah di depan mata pupus di masa injury time usai Prancis mendapatkan hadiah penalti. Hukuman ini diterima Spanyol usai Benat Turrientes menjatuhkan Arnaud Kalimuendo.

    Prancis vs Spanyol 3-5 (fifa.com)
Prancis vs Spanyol 3-5 (fifa.com)

Jean-Philippe Mateta yang maju sebagai algojo, sukses menjalankan tugasnya. Skor Prancis vs Spanyol pun menjadi 3-3 pada akhir waktu norlam 90 menit.

Partandingan berlanjut ke babak extra time 2x15 menit. Di babak tambahan ini, Spanyol akhirnya kembali mencetak gol untuk kembali unggul 4-3. Gol dicetak Sergio Camello usai memperdaya kiper Restes dengan tembakan lob jarak dekat.

Kemenangan Spanyol pun terjadi pada menit 120+1 usai Camello mencetak gol keduanya dalam partai final ini. Spanyol pun menutup pertandingan dengan skor 5-3.

Spanyol menjadi pemenang dan meraih medali emas. Ini gelar kedua Spanyol di sepak bola putra Olimpiade, atau yang pertama sejak 1992.

Artikel lainnya: Harga Lengkap BBM Pertamina Terbaru Usai Pertamax Naik per 10 Agustus 2024

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait