Gol Watkins ke Gawang Belanda di Injury Time Bawa Inggris ke Final Euro 2024

  • Arry
  • 11 Jul 2024 09:03
Belanda vs Inggris 1-2: The Three Lions melaju ke final usai gol yang dicetak Ollie Watkins di masa injury time(euro2024/uefa.com)

Inggris melangkah ke final Euro 2024 usai menyingkirkan Belanda. The Three Lions menang dramatis lewat gol yang tercipta di masa injury time sekaligus mendepak Belanda dari turnamen.

Duel Belanda vs Inggris digelar di BVB Stadion Dortmund, Dortmund, Kamis, 11 Juli 2024 dini hari WIB.

Belanda langsung tampil menyerang. Di menit ke-7, sepakan Xavi Simons merobek gawang Inggris.

    Belanda vs Inggris: Xavi Simons mencetak gol pertama untuk Belanda di menit ke-7 (uefa.com)
Belanda vs Inggris: Xavi Simons mencetak gol pertama untuk Belanda di menit ke-7 (uefa.com)

Usai unggul satu gol, permainan Belanda justru menurun. Inggris perlahan mulai mendominasi penguasaan bola.

Petaka bagi Belanda terjadi di menit 14 saat Denzel Dumfries menjatuhkan Harry Kane di kotak penalti. Wasit sempat mereview pelanggaran tersebut melalui tayangan VAR.

Usai melihat VAR, wasit memutuskan memberikan hadiah penalti untuk Inggris. Dumfries juga mendapat kartu kuning. Kane yang tampil sebagai algojo berhasil menjebol gawang Belanda di menit 18.

    Belanda vs Inggris: Harry Kane menyamakan skor lewat titik penalti (uefa.com)
Belanda vs Inggris: Harry Kane menyamakan skor lewat titik penalti (uefa.com)

Lima menit berselang, Inggris nyaris berbalik unggul. Tembakan Phil Foden dari jarak dekat masih bisa diblok Dumfries di garis gawang.

Menit 30 giliran Dumfries yang mengancam gawang Inggris. Sayang sundulannya masih menerpa mistar gawang. Hingga babak pertama usai, skor masih tetap 1-1.

Di babak kedua, Belanda dan Inggris tampil lebih hati-hati. Peluang baru terjadi di menit 65 saat Virgil van Dijk melepas tendangan dari luar kotak penalti, namun bola masih dapat ditangkap Jordan Pickford.

Menit ke-81, pelatih Gareth Southgate membuat pergantian pemain. Harry Kane diganti Ollie Watkins, serta Phil Foden digantikan Cole Palmer.

Pergantian pemain ini sangat berarti bagi Inggris. Menit ke-90+1, kerjasama ciamik Palmer dan Watkins membuat Inggris berbalik unggul.

    Belanda vs Inggris: Ollie Watkins mencetak gol kemenangan untuk The Three Lions (uefa.com)
Belanda vs Inggris: Ollie Watkins mencetak gol kemenangan untuk The Three Lions (uefa.com)

Gol bermula dari aksi Palmer yang kemudian menyodorkan bola ke Watkins yang berlari ke kotak penalti. Watkins pun kemudian melepas tendangan datar dan menembus gawang Belanda. Inggris berbalik unggul 2-1.

Belanda kemudian mencoba untuk meningkatkan serangan di sisa waktu. Namun, hingga pertandingan berakhir, tak ada lagi gol tercipta.

Inggris menang 2-1 atas Belanda dan lolos ke final Euro 2024. Di partai puncak, The Three Lions akan menghadapi Spanyol.

Susunan pemain Belanda vs Inggris

Belanda: Bart Verbruggen; Denzel Dumfries, Stefan De Vrij, Virgil van Dijk, Nathan Ake; Jody Schouten, Tijjani Reijnders; Donyell Malen, Xavi Simons, Cody Gakpo; Memphis Depay.

Inggris: Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones, Marc Guehi, Kieran Trippier; Declan Rice, Kobbie Mainoo; Bukayo Saka, Jude Bellingham, Phil Foden; Harry Kane.

Artikel lainnya: Kecelakaan Beruntun di Tol Cipularang, Bus Primajasa Tabrak 8 Mobil

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait