Pebulutangkis Zhang Zhi Jie Meninggal, Media China Soroti Lambannya Tim Medis Datang

  • Arry
  • 1 Jul 2024 18:10
Ilustrasi bulutangkis atau badminton(@saif71/unsplash)

Pebulutangkis muda China, Zhang Zhi Jie meninggal dunia di lapangan saat tengah bertarung di Kejuaraan Asia Junior 2024 yang digelar di Yogyakarta.

Peristiwa tragis itu terjadi pada Minggu 30 Juni 2024. Saat itu, Zhang tengah bertanding melawan Kazuma Kawano di GOR Among Raga, Yogyakarta.

Saat itu skor 11-11 di gim pertama. Saat Kazuma hendak melepaskan serve, tetiba Shang Zhi Jie ambruk di tengah lapangan dalam kondisi tertelungkup.

Saat Zhang terjatuh, tim medis tampak terlambat datang. Bahkan Zhang terlihat seperti kejang-kejang. Setelah beberapa menit, tim medis baru memasuki lapangan.

Insiden ini mendapat sorotan dari media China, Aiyuke. Mereka menilai tim medis lamban dalam menangani Zhang Zhi Jie.

Baca juga
Kronologi Pebulutangkis China Zhang Zhi Jie Meninggal di Yogyakarta: Sempat Kejang

"Pelatih langsung menghampiri untuk memeriksa, tapi tidka ada tanda dari dokter," tulis Aiyuke dalam salah satu artikel mereka.

"Bahkan lawan yang ketakutan dan cemas dengan cepat memberikan tanda kepada umpire untuk memeriksa Zhang."

"Semua orang cemas lantaran mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan."

"Namun, setelah menunggu setengah menit di tayangan, akhirnya datang dan memberi Zhang pertolongan pertama."

"Usai penanganan yang simpel, Zhang dibawa dengan tandu."

"Banyak fans luar negeri mengatakan di komentar bahwa ini ambruknya Zhang dan mengejang tiba-tiba ini disinyalir serangan jantung."

"Dan dokter begitu lambat dan menghabiskan banyak waktu berharga."

"Penggemar juga mempertanyakan apakah mereka telah menguasai pengetahuan umum tentang pertolongan pertama resusitasi jantung paru."

Pernyataan PBSI dan Badminton Asia

Dalam pernyataan resminya, Badminton Asia dan PBSI menyatakan, Zhang sempat mendapatkan perawatan dari tim medis di lapangan sebelum akhirnya dilarikan ke rumah sakit.

Namun, nyawa peman berusia 17 tahun itu tak tertolong. Dia mengembuskan napas terakhir di rumah sakit pada pukul 23.20 WIB.

"Zhang Zhi Jie dari Tiongkok, pemain tunggal, pingsan di lapangan saat pertandingan malam hari lalu dilarikan ke rumah sakit dan meninggal dunia pada pukul 23.20 waktu setempat kemarin," bunyi pernyataan PBSI dan Badminton Asia.

"Zhi Jie sedang memainkan pertandingan penyisihan grup melawan Jepang ketika dia pingsan dan dirawat oleh dokter turnamen dan tim medis."

"Dia dibawa dengan ambulans siaga dalam waktu kurang dari dua menit untuk dilarikan ke rumah sakit."

"Badminton Asia, PBSI dan Panitia Penyelenggara turut berduka cita dan menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya kepada orang tua Zhang, keluarga dan Asosiasi Bulutangkis China (CBA)."

"Dunia bulutangkis kehilangan pemain berbakat."

Artikel lainnya: Gebuk Georgia 4-1, Spanyol Tantang Jerman di 8 Besar Euro 2024

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait