Austria Bikin Kejutan Juara Grup D Ungguli Prancis dan Belanda, Inggris Pimpin Grup C

  • Arry
  • 26 Jun 2024 15:54
Belanda vs Austria 2-3: Donyell Malen (terkapar) mencetak gol bunuh diri di awal pertandingan. Austria akhirnya menang dan menjadi juara Grup D(euro2024/uefa.com)

Hasil laga pamungkas Grup C dan D Euro 2024 telah tersaji. Austria membuat kejutan usai mengalahkan Belanda dan memastikan menjadi juara Grup D. Sementara itu laga di Grup C minim gol dan membuat Inggris menjadi pemuncak.

Dari Grup D, laga Belanda vs Austria digelar di Olympiastadion, Berlin. Pertarungan berlangsung sengit antara kedua tim.

Austria di luar dugaan langsung tampl menekan dan dengan permainan cepat. Strategi ini berhasil diterapan skuat asuhan Ralf Rangnick. Pertandingan berjalan enam menit, Austria berhasil membobol gawang Belanda.

Gol bermula dari sebuah serangan yang dilancarkan dari sisi kiri, sebuah umpan yang dilepaskan Alexander Prass salah diantisipasi pemain Belaanda, Donyell Malen. Sapuan bola gelandang Borussia Dortmund itu justru mengalir deras ke arah gawang sendiri. Austria unggul 1-0.

Baca juga
Hasil dan Klasemen Grup B Euro 2024: Zaccagni Selamatkan Italia, Spanyol Sempurna

Keunggulan Austria ini pun bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Bealnda tampil lebih menyerang. Dua menit usai turun minum, Cody Gakpo menyamakan skor menjadi 1-1. Namun, Austria berhasil unggul unggul di menit 59 lewat gol yang dicetak Romado Schmid.

Pada menit ke-75, Memphis Depay berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Marcel Sabitzer menjadimimpi buruk bagi Belanda malam itu. Aksinya di menit ke-80 membawa Austria kembali unggul 3-2.

    Belanda vs Austria 2-3: Marcel Sabitzer mencetak gol kemenangan Austria dan memastikan negaranya menjadi juara Grup C sekaligus lolos ke 16 Besar Euro 2024 (uefa.com)
Belanda vs Austria 2-3: Marcel Sabitzer mencetak gol kemenangan Austria dan memastikan negaranya menjadi juara Grup C sekaligus lolos ke 16 Besar Euro 2024 (uefa.com)

Gol tersebut pun menjadi yang terakhir terjadi pada pertandingan ini. Austria menang 3-2 atas Belanda.

Di pertandingan lainnya, Prancis bermain imbang melawan Polandia. Laga ini digelar di BVB Stadion Dortmund, Dortmund.

Gol baru tercipta di babak kedua. Les Blues unggul terlebih dahulu lewat gol penalti Kylian Mbappe di menit ke-56. Pada menit ke-79, Robert Lewandowski berhasil menyamakan kedudukan juga lewat tendangan penalti.

    Prancis vs Polandia 1-1: Kylian Mbappe membawa Prancis unggul lewat tendangan penalti (uefa.com)
Prancis vs Polandia 1-1: Kylian Mbappe membawa Prancis unggul lewat tendangan penalti (uefa.com)

Duel Prancis vs Belanda pun berakhir dengan skor 1-1.

Hasil ini membuat klasemen Grup D langsung berubah. Austria naik ke puncak klasemen dengan mengoleksi 6 poin. Dikuti Prancis dengan 5 poin. Belanda yang sebelumnya berada di puncak klasemen turun ke posisi tiga dengan nilai 4. Sementara Polandia menjadi juru kunci dengan nilai 1.

Dengan posisi ini, Austria, Prancis, dan Belanda lolos ke 16 Besar Euro 2024. Belanda lolos dengan status peringkat tiga terbaik Euro 2024.

Beralih ke Grup C, terjadi duel Inggris vs Slovenia dan Denmark vs Serbia. Duel Inggris vs Slovenia yang digelar di Cologne Stadium, Rabu, 26 Juni 2024, berakhir imbang tanpa gol.

Sementara itu, duel Denmark vs Serbia yang digelar di Munich Football Arena, Munich, di waktu bersamaan juga berakhir imbang tanpa gol.

Hasil ini tak mengubah susunan posisi di klasemen Grup C. Inggris di puncak klasemen dengan nilai 5. Denmark di posisi kedua dengan nilai 3, Slovenia di posisi tiga dengan nilai 3, dan Serbia jadi juru kunci dengan nilai 2.

Posisi ini menempatkan Inggris, denmark, dan Slovenia lolos ke 16 Besar. Slovenia lolos dengan status peringkat tiga terbaik.


Selanjutnya hasil dan klasemen Grup C dan D Euro 2024 >>>

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait