Hasil dan Klasemen Grup B Euro 2024: Zaccagni Selamatkan Italia, Spanyol Sempurna

  • Arry
  • 25 Jun 2024 12:39
Kroasia vs Italia 1-1: Gol Mattia Zaccagni di detik terakhir babak kedua membawa Gli Azzurri lolos ke 16 Besar Euro 2024(euro2024/uefa.com)

Hasil Grup B Euro 2024 telah tersaji hingga Selasa, 25 Juni 2024 dini hari WIB. Timnas Italia akhirnya lolos dramatis ke 16 besar usai mengalahkan Kroasia. Sementara Spanyol memastikan diri lolos ke 16 besar dengan nilai sempurna.

Duel Albania vs Spanyol digelar di Dusseldorf Arena, Dusseldorf, Jerman, Selasa, 25 Juni 2024 dini hari WIB.

Timnas Spanyol mendominasi pertandingan dengan 59 persen berbanding 41 persen. La Furia Roja juga tercatat melepaskan 17 tendangan dengan 3 yang mengarah ke gawang. Sementara Albania hanya 10 kali melepaskan tendangan dan 4 yang mengarah ke gawang.

Spanyol berhasil unggul saat pertandingan baru berjalan 13 menit. Gol dicetak Ferran Torrres.

    Albania vs Spanyol 0-1: Ferran Torres mencetak gol kemenangan La Furia Roja (uefa.com)
Albania vs Spanyol 0-1: Ferran Torres mencetak gol kemenangan La Furia Roja (uefa.com)

Hingga pertandingan usai, tak ada lagi gol tercipta dari kedua tim. Duel Albania vs Spanyol berkahir dengan skor 0-1.

Sementara itu, dari duel Kroasia vs Italia yang digelar di Leipzig Stadium, Leipzig, berakhir dramatis. Gli Azzurri memastikan tiket 16 Besar di detik-detik terakhir pertandingan.

Kroasia mendominasi permainan dengan 51 persen berbanding Italia 49 persen. Meski demikian, Kroasia hanya mampu melepaskan 6 tembakan dengan 4 yang mengarah ke gawang. Sementara Italia membuat 13 peluang dengan 3 yang mengarah ke gawang.

Gol dalam duel ini baru tercipta di babak kedua. Kroasia memiliki peluang pertama mencetak gol saat mendapatkan hadiah penalti di menit ke-54. Sayang tendangan Luka Modric masih mampu dihalau kiper Gianluigi Donnarumma.

Namun satu menit berselang, pemain Real Madrid itu sukses menjebol gawang Italia dan membuat Kroasia unggul 1-0.

Itala pun langsung bereaksi. Sebab, jika skor tersebut berlanjut hingga pertandingan usai, maka Kroasia yang dipastikan lolos langsung ke-16 besar. Upaya Italia membalas gol tersebut akhirnya terjadi di detik-detik akhir pertandingan atau menit 90+8.

    Kroasia vs Italia 1-1: Gol Mattia Zaccagni di detik terakhir babak kedua membawa Gli Azzurri lolos ke 16 Besar Euro 2024 (uefa.com)
Kroasia vs Italia 1-1: Gol Mattia Zaccagni di detik terakhir babak kedua membawa Gli Azzurri lolos ke 16 Besar Euro 2024 (uefa.com)

Bermula dari sebuah serangan balik, Riccardo Calafiori memberikan assis ke Mattia Zaccagni yang menerobos dari sisi kiri. Pemain yang merumput bersama Lazio itu pun langsung melepaskan tendangan lengkung ke gawang Kroasia. Bola mullus masuk ke gawang dengan indah. Gol ini pun mengingatkan publik akan aksi legenda Italia Alessandro Del Piero.

Pertandingan Kroasia vs Italia tuntas dengan skor 1-1.

Hasil-hasil ini membuat Spanyol berada di puncak klasemen dengan nilai sempurna, 9 poin usai meraih tiga kemenangan. Sementara Italia menjadi runner up Grup B dengan nilai 4 dari hasi satu kali menang, satu kali imbang dan sekali kalah.

Kroasia berada di posisi 3 dengan nilai 2. Dan Albania menjadi juru kunci dengan nilai 1.


Selanjutnya hasil dan klasemen Grup B Euro 2024 >>>

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait