SBY Soroti Hubungan Anies Baswedan dan Jokowi: Tak Masalah Kalau Tak Suka, Asalkan...

  • Arry
  • 28 Jun 2023 15:50
Presiden Joko Widodo dan Anies Baswedan(humas/setkab.go.id)

Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY menyoroti hubungan Presiden Joko Widodo dan Anies Baswedan. Sebab, hubungan mereka sempat erat, namun kini keduanya terlihat berseberangan dalam berbagai hal.

Seperti diketahui, Anies Baswedan adalah Jubir Tim Pemenangan Jokowi-JK pada Pilpres 2014. Bekas Gubernur DKI Jakarta itu pun sempat menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Namun hubungan mereka mulai merenggang sejak Jokowi memecat Anies Baswedan sebagai Mendikbud pada 2016. SBY pun mencium hubungan Jokowi dan Anies makin tak harmonis dalam beberapa tahun terakhir ini.

Bagi SBY, tak ada masalah jika Jokowi tidak menyukai Anies Baswedan yang kini menjadi Bacapres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan itu. Sebab hal tersebut adalah hak dari Jokowi.

Baca juga
Denny Indrayana Ungkap Anies Bakal Jadi Tersangka, Ini Kata KPK

“Tidak menjadi soal kalau Pak Jokowi tidak suka dengan Pak Anies Baswedan,” kata SBY dalam tulisannya Pilpres 2024 dan Cawe-cawe Presiden Jokowi, yang dipublikasi pada Senin, 26 Juni 2023.

“Tidak ada yang boleh melarang dan tidak boleh pula Presiden kita disalahkan,” katanya.

SBY juga menyatakan Jokowi tidak akan melanggar hukum jika melakukan kerja politik agar Anies tidak maju dalam Pilpres 2024. Naun, tindakan itu jangan digunakan cara yang tidak beretika dan menyalahgunakan kekuasaan.

“Tetapi, kalau sebenarnya tidak bisa dibuktikan secara hukum bahwa dia bersalah, maka ini jadi kasus yang serius,” kata SBY.

“Sebagai seorang sahabat, saya sungguh berharap beliau tidak melakukannya,” kata SBY.

Artikel lainnya: Daging Sapi vs Kambing, Mana yang Kolesterolnya Lebih Tinggi?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait