Rumah Mewah Rafael Alun di Manado Cuma Bayar Pajak Rp300 Ribuan, Kok Bisa?

  • Arry
  • 3 Mar 2023 20:15
Bekas Pejabat Ditjen Pajak Rafael Alun Trisambodo, ayah Mario Dandy Satrio tersangka penganiayaan(Kemenkeu/kemenkeu)

Satu lagi kelakuan mantan pejabat Ditjen Pajak Rafael Alun Trisambodo yang tak taat pajak terungkap. Ayah dari Mario Dandy Satrio, itu diketahui hanya membayar pajak rumah mewahnya sebesar Rp300 ribuan saja.

Rumah Rafael yang dimaksud adalah yang berada di Kelurahan Kleak, Manado Sulawesi Utara. Lurah Kleak, Donvito Fourzan, menjelaskan, awalnya Rafael membeli rumah yang biasa. Kemudian dia merenovasi rumah tersebut.

Namun, setelah direnovasi, Rafel membayar pajak masih berdasarkan klasifikasi rumah tersebut pada saat dibeli.

"Kalau memang melihat bangunan tersebut dengan jumlah pajak, perlu diadakan juga update data. Karena kalau lihat jumlah pajak tersebut yang dipungut, mungkin harusnya lebih besar dengan melihat ukuran rumah," kata Donvito, Jumat, 3 Maret 2023.

Baca juga
Rafael Alun Pegawai Pajak Tak Taat Pajak: Motor Harley Bodong, Rubicon Nunggak Pajak

Donvito menjelaskan, biaya pajak rumah Rafael Alun itu juga belum diperbaharui. Masih menggunakan tarif pemilik rumah sebelumnya.

"Bangunan pajak kalau di data kami Rp 362.162. Seharusnya bangunan rumah itu lebih besar lagi pungutan pajaknya. Jadi nanti di-update," ujarnya.

"Itu yang sementara kami dalami juga, karena selama ini kan rumah itu tertutup. Jadi, kami juga tidak bisa mengakses ke dalam, tanpa seizin dari pemilik sehingga belum dapat data yang pasti mengenai luasan dari lahan tersebut," terang Donvito.

Sebelumnya terungkap juga Rafael Alun menunggak pajak mobil Jeep Rubicon hingga jutaan rupiah. Selain itu, Rafael juga diketahui tidak membayar pajak saat membeli Harley Davidson.

Artikel lainnya: 9 Buah-buahan yang Ampuh Usir Tekanan Darah Tinggi

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait