Antara Produsen Invermectin, Moeldoko, Politisi PDIP; Moeldoko: ICW Menyesatkan

  • Arry
  • 23 Jul 2021 12:20
Ilustrasi obat ivermectin(klikdokter/klikdokter)

Hubungan PT Harsen dan politikus PDI Perjuangan, Ribka Tjiptaning

Dalam kesempatan itu, Egi juga mengungkapkan adanya dugaan hubungan antara PT Harsen dan Riyo Kristian Utomo, putra politisi PDI Perjuangan, Ribka Tjiptaning.

Egi mengungkit nama Riyo Kristian Utomo, yang sebelumnya sempat berbicara sebagai Direktur Pemasaran PT Harsen. Riyo berbicara di publik ketika Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) merazia pabrik PT Harsen.

Namun ketika polemik ivermectin menguat, PT Harsen mengeluarkan pernyataan bahwa Riyo bukan pengurus perusahaan. Apa yang telah disampaikan Riyo juga disebut bukan pernyataan resmi perseroan.

"Kenapa PT Harsen harus repot-repot untuk mengklarifikasi Riyo bukan bagian dari mereka? Ternyata Riyo adalah anak kandung dari Ribka Tjiptaning, politikus PDIP dan anggota DPR," kata Egi.

Egi melanjutkan, PT Harsen juga diduga pernah memberikan sumbangan sembako dan alat-alat kesehatan kepada Badan Penanggulangan Bencana (Baguna), organisasi sayap PDIP yang diketuai Ribka. Hal ini diketahui dari sebuah video amatir yang didapat ICW.

"Tentu ini menimbulkan pertanyaan, bagaimana peran Ribka dalam hal ivermectin dan lebih jauh apakah ada peran PDIP," ujar Egi.


Bantahan Ribka Tjiptaning

Politisi PDI Perjuangan, Ribka Tjiptaning, membantah semua pernyataan ICW. Dia mengaku tidak mengenal PT Harsen.

Namun, ia mengatakan kemungkinan anaknya memang mengenal perusahaan tersebut. Selain itu, Ribka mengakui Baguna pernah menerima bantuan dari perusahaan tersebut lewat anaknya pada tahun lalu. Bantuan yang diterima, kata dia, berupa face shield dan hand sanitizer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait