Survei Poltracking: RK-Suswono 47,5%, Pramono-Rano 31,5%, Dharma-Kun 5,1%

  • Arry
  • 27 Sep 2024 18:14
Nomor urut paslon Pilgub Jakarta 2024: Ridwan Kamil-Suswono, Dharma Pongrekun-Kun Wardana, dan Pramono Anung-Rano Karno(kpud jakarta/youtube)

Poltracking Indonesia merilis hasil survei terkait pertarungan Pemilihan Gubernur atau Pilgub Jakarta 2024. Hasilnya Ridwan Kamil-Suswono memimpin, namun belum dapat terpilih langsung.

Survei Poltracking terkait Pilgub Jakarta ini digelar pada 9-15 September 2024. Survei dilakukan kepada 1.200 responden dengan margin of error 2,9 persen. Tingkap kepercayaan survei ini 95 persen.

Hasilnya?

"Pasangan Ridwan Kamil-Suswono 47,5 persen, disusul Pramono Anung-Rano Karno 31,5 persen, Dharma Pongrekun-Kun Wardana 5,1 persen. Yang belum menjawab 15,9 persen," kata Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda, Jumat, 27 September 2024.

Baca juga
Nomor Urut Pilgub Jakarta 2024: RK-Suswono 1, Dharma-Kun 2, Pramono-Rano Karno 3

Hanta menyatakan, dalam Pilgub Jakarta edisi ini, adalah pertarungan mantan kepala daerah tetangga Jakarta. Yakni Ridwan Kamil yang merupakan bekas Gubernur Jawa Barat dan Rano Karno selaku mantan Gubernur Banten.

Menurut Hanta, melihat hasil survei tersebut, belum bisa terlihat ada pasangan yang dapat memenangi Pilgub dalam satu putaran saja. Sebab, pemenang Pilgub harus mengoleksi 50%+1 untuk menjadi pemenang.

"Jakarta juga punya syarat yang berbeda, yakni harus memenuhi minimal 50% plus 1 untuk bisa menang satu putaran," tambah dia.

Pilgub Jakarta diikuti tiga pasang calon. Mereka adalah Ridwan Kamil-Suswono, Dharma Pongrekun-Kun Wardana, dan Pramono Anung-Rano Karno.

RK-Suswono diusung parpol dari Koalisi Indonesia Maju atau KIM Plus seperti Gerindra, Golkar, Demokrat, PSI, hingga PKS. Sementara Pramono Anung-Rano Karno diusung PDI Perjuangan, dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana dari jalur independen.

Artikel lainnya: Vadel Badjideh Mangkir dari Panggilan, Polisi Minta Surat Sakit

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait