Gus Ipul Dilantik Jadi Mensos Gantikan Risma

  • Arry
  • 11 Sep 2024 15:36
Presiden Joko Widodo melantik Saifullah Yusuf alias Gus Ipul sebagai Menteri Sosial(@jokowi/x.com)

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama atau PBNU, Saifullah Yusuf alias Gus Ipul dilantik menjadi Menteri Sosial. Gus Ipul akan mengisi posisi yang ditinggalkan Tri Rismaharini.

Pelantikan Gus Ipul digelar di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 11 September 2024. Pelantikan dipimpin langsung Presiden Joko Widodo.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," kata Jokowi saat membacakan sumpah jabatan.

Acara pelantikan dihadiri Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, Menko PMK Muhadjir Effendy, Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, hingga Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.

Selain itu hadir pula Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar, dan Kepala Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Purbawa Yudhi Sadewa.

Tri Rismaharini mundur sebagai Menteri Sosial per 6 September 2024. Risma mundur karena maju sebagai Calon Gubernur Jawa Timur.

Mantan Wali Kota Surabaya itu maju usai diusung PDI Perjuangan bersama dengan H Zahrul Azhar Asumta, yang kerap disapa Gus Hans, sebagai cawagubnya.

Artikel lainnya: Kualifikasi Piala Dunia 2026: Sengit, Indonesia vs Australia 0-0

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait