HNW: Kalau Putusan MK Dibaca 5 Agustus PKS Pilih Anies, Tak Ada yang Tersandera

  • Arry
  • 3 Sep 2024 14:23
Wakil Ketua Dewan Syuro PKS Hidayat Nur Wahid(pks/pks.id)

Wakil Ketua Dewan Syuro PKS, Hidayat Nur Wahid, merespons Anies Baswedan yang menyatakan partai politik saat ini sudah tersandera oleh kekuasaan.

“Kami PKS dalam faktanya kita dulu mencalonkan Pak Anies tahun 2017, tahun 2024 mencalonkan Pak Anies lagi dan kami tidak merasa tersandera,” kata HNW di Jakarta, Selasa, 3 September 2024.

Hidayat pun menyinggung soal batalnya PKS mengusung Anies Baswedan dalam Pilgub Jakarta. Menurutnya, hal tersebut karena PKS kekurangan kursi dan mantan Gubernur Jakarta itu gagal membawa parpol untuk berkoalisi.

Hidayat pun menyinggung soal putusan MK nomor 60 yang menghapus syarat kursi DPRD untuk mengusung calon. Menurutnya, jika MK membacakan putusan sebelum 5 Agustus, maka PKS akan mengusung Anies.

Baca juga
28 Angota Pakar Mundur Usai PKS Gabung KIM Plus, Ini Respons PKS

“Kalau dibacakan 5 Agustus saja, nggak ada yang tersandera tuh. Akan dengan sendirinya PKS mencalonkan Pak Anies,” kata sosok yang akrab disapa HNW itu.

Namun Hidayat menyatakan, PKS tidak tersandera di pilkada di luar Jakarta. Bahkan mereka dapat berkoalisi dengan pihak lain.

“Tapi inilah yang terjadi sekarang, dan bahwa bukti PKS tidak tersandera, adalah bahwa di pilkada di luar jakarta, PKS berkoalisi dengan pihak lain, tidak sepenuhnya dengan kekuasaan,” ujarnya.

Baca juga
MK Ubah UU Pilkada, Seluruh Parpol Bisa Ajukan Calon Kepala Daerah

Untuk diketahui, PKS batal mengusung Anies Baswedan dalam Pilgub Jakarta 2024. PKS pun memilih bergabung dengan partai pemerintah di Koalisi Indonesia Maju dan mengusung Ridwan Kamil dan Suswono.

Mengenai partai tersandera kekuasaan diungkapkan Anies Baswedan dalam video YouTube berjudul “Catatan Anies Pasca Pilpres dan Pendaftaran Pilkada”. Video ini dia unggah tepat sehari setelah gagal ikut dalam Pilkada 2024.

“Kalau masuk partai pertanyaannya partai mana yang sekarang tidak tersandera oleh kekuasaan?" ujar Anies dalam video yang diunggah di kanal YouTube-nya, Jumat 30 Agustus 2024.

Artikel lainnya: Daftar Tarif Listrik PLN Terbaru per September 2024

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait