Viral Video Gerombolan WNI Berkaus Hitam Bikin Resah Warga Jepang, Ini Respons Kemlu

  • Arry
  • 1 Sep 2024 21:01
Kementerian Luar Negeri(sekretariat kabinet/setkab.go.id)

Sebuah video yang menampilkan gerombolan WN Indonesia nongkrong hingga menutup jalan di Jepang viral di media sosial. Aksi WNI itu ditengarai telah membuat resah warga Jepang.

Dari video yang beredar terlihat seorang memamerkan celurit. Selain itu ada pula seseorang mengenakan kaos bertuliskan "Pemulih Harga Diri" sambil menaiki sepeda.

Video viral tersebut pertama kali diunggah aun #personalsecret pada Sabtu, 31 Agustus 2024. Video menggunakan bahasa Jepang.

Akun itu menyebutkan, WNI itu berkumpul di Osaka dan menutup jalan para pejalan kaki di Jepang.

"Mereka berkumpul untuk mengganggu orang yang lewat dan mengancam orang yang mengomentari postingan mereka," tulis akun tersebut.

Kementerian Luar Negeri merespons informasi yang viral tersebut.

"Beredar informasi di media sosial mengenai sekelompok orang yang diduga WNI melakukan kegiatan yang meresahkan masyarakat setempat. Lokasi kejadian diduga terjadi di Osaka, Jepang," ujar Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia (PWNI) Kementerian Luar Negeri RI, Judha Nugraha dalam keterangannya.

"KBRI Tokyo dan KJRI Osaka saat ini sedang mendalami kebenaran dan akurasi informasi tersebut, termasuk berkomunikasi dengan simpul simpul masyarakat Indonesia di Jepang," sambung Judha.

"Kemlu dan Perwakilan RI terus mengimbau masyarakat Indonesia di luar negeri agar selalu mematuhi hukum negara setempat, termasuk menjaga ketertiban dan menghormati budaya lokal," ujarnya.

Artikel lainnya: Shell dan BP AKR Juga Turunkan Harga BBM, Cek Murah Mana dengan Pertamina

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait