Pertamina Disebut Setop Jual Pertalite, Ini Penjelasan Wamen BUMN

  • Arry
  • 1 Sep 2024 06:40
Pengisian BBM Pertalite di SPBU Pertamina(bumn/bumn.go.id)

Pertamina dikabarkan akan menghentikan penjualan BBM jenis pertalite. Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo memberikan respons atas kabar tersebut.

"Pertalite? Nggak ada, nggak ada (penghentian)," kata Kartika Wirjoatmodjo di Jakarta, Sabtu, 31 Agustus 2024.

Menurut pria yang akrab disapa Tiko itu, saat ini pemerintah tengah mendorong jumlah pendaftar di MyPertamina. Dengan aplikasi ini, pengguna Pertalite dan Solar bakal mendapatkan alokasi subsidi sesuai dengan jenis kendaraannya.

"Itu sebenarnya nggak ada penghentian karena kita sedang mendorong registrasi MyPertamina. Jadi supaya kita dorong sekarang adalah proses registrasi supaya masyarakat pengguna BBM Pertalite, Solar itu menggunakan MyPertamina sehingga nanti bisa mendapatkan alokasi subsidi yang sesuai dengan jenis kendaraannya," jelasnya.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Heppy Wulansari, menjelaskan, lokasi SPBU yang menjual Pertalite sudah diatur oleh BPH (Badan Pengatur Hilir) Migas dengan berbagai pertimbangan.

Baca juga
Harga BBM Turun, Cek Harga BBM di Seluruh SPBU Pertamina Terbaru per 1 September 2024

"Pertalite masih tersedia di setiap wilayah, kalaupun ada yang tidak menjual, itu hanya sekitar 3% dari total SPBU di seluruh Indonesia," kata Heppy dalam keterangan resminya.

Menurutnya, SPBU yang tidak menjual Pertalite berada di lokasi komersial, lokasi pemukiman menengah, tidak dilewati jalur transportasi publik dan juga berlaku untuk SPBU baru.

Untuk diketahui, PT Pertamina Patra Niaga akan terus menyalurkan Pertalite sesuai penugasan pemerintah. Produk BBM bersubsidi tersebut sudah kini tersedia di 7.516 SPBU atau sebanyak 97 persen dari total SPBU Pertamina di seluruh wilayah Indonesia.

Artikel lainnya: Jokowi dan Istana Respons Ono Surono PDIP Soal Mulyono Jegal Anies di Pilgub

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait