Setelah Anies Gagal Ikut Pilkada 2024: Menyesal Hingga Mau Bentuk Parpol Baru

  • Arry
  • 31 Agt 2024 13:38
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan(anies baswedan/youtube)

Anies Baswedan gagal maju dalam Pilkada 2024. Sejumlah partai besar ramai-ramai meninggalkan mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Mulanya Anies diusung PKS, NasDem, dan PKB untuk maju dalam Pilgub Jakarta. Namun belakangan, ketiga partai itu balik arah bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju untuk mendukung Ridwan Kamil-Suswono.

Anies pun kemudian diincar PDI Perjuangan di Pilgub Jakarta. Namun, PDIP akhirnya memutuskan mengusung kadernya sendiri, Pramono Anung-Rano Karno sebagai cagub dan cawagub Jakarta.

Belakangan Anies disebut bakal maju di Pilgub Jawa Barat bersama dengan PDIP. Namun, di hari terakhir pendaftaran, Anies memutuskan tidak maju di Pilgub Jabar dengan alasan tidak ada aspirasi dari masyarakat.

Anies menyatakan, apa yang terjadi di Pilkada 2024 adalah peristiwa yang harus disyukuri. Menurutnya, hal ini adalah pengalaman terbaik yang dia dapatkan.

Baca juga
Anies Baswedan Batal Ikut Pilgub Jawa Barat, Jubir Ungkap Ada Perbedaan Aspirasi

“Semua itu sebagai satu perjalanan spiritual yang dinikmati, disyukuri, apa pun outcome-nya, itu pasti Allah berikan yang terbaik,” ujar Anies di kediamannya, Lebak Bulus, Jakarta, pada Jumat 30 Agustus 2024.

“Pokoknya buat kita semua, kita terus jaga suasana yang saling menghormati, saling menghargai, suasana teduh, tenang,” tutur Anies.

Menyesal Tak Dapat Maju di Pilgub Jakarta

Dalam video yang diunggah di akun YouTube-nya, Anies mengaku menyesal tidak dapat ikut Pilgub Jakarta 2024. Sebab, dia tidak dapat mewujudkan aspirasi warga.

“Ada perasaan, waduh ini aspirasi ini nggak bisa kami tuntaskan,” ujar Anies.

Anies mengklaim banyak warga miskin kota meminta dirinya agar menyelesaikan persoalan yang terjadi, terutama selama 1,5 tahun sejak Anies tak lagi menjabat sebagai gubernur.

Baca juga
Ono Surono PDIP Ungkap Dalang Anies Gagal Ikut Pilgub Jabar 2024: Mulyono dan Geng

“Para saudara-saudara semua, warga kampung di Jakarta, rakyat miskin kota, saya minta maaf karena tidak bisa membantu,” kata Anies.

Meski demikian, Anies berjanji akan tetap berjuang membantu masyarakat miskin mencari jalan untuk memperbaiki kehidupan mereka.

“Dengan cara lain nanti kita sama-sama berjuang untuk bisa memperbaiki kondisi rakyat miskin kota,” ujar Anies

Rencana Dirikan Partai Politik

Masih dalam video yang sama, Anies juga membuka peluang mendirikan partai politik. Keinginan ini akan diwujudkan dalam waktu tak terlalu lama.

"Bila untuk mengumpulkan semua semangat perubahan yang sekarang makin hari makin terasa besar, dan itu menjadi sebuah kekuatan, diperlukan menjadi gerakan, maka membangun ormas atau membangun partai baru mungkin itu jalan yang akan kami tempuh," ujar Anies.

"Kita lihat sama-sama ke depan, semoga tidak terlalu lama lagi kita bisa mewujudkan langkah-langkah kongkrit untuk bisa mewadahi gerakan yang sekarang ini makin hari makin membesar, menginginkan Indonesia yang lebih setara, demokrasi yang lebih sehat, politik yang lebih mengedepankan gagasan," kata Anies.

"Kemudian ada yang usul saya masuk partai atau bikin parpol. Nah gini, kalau masuk partai, pertanyaannya, partai mana yang sekarang tidak tersandera oleh kekuasaan. Jangankan masuk, mencalonkan saja terancam," ungkap Anies.

Artikel lainnya: Jadwal Liga Inggris Pekan Ini: Dibuka Arsenal vs Brighton, Ditutup MU vs Liverpool

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait