Heboh Presiden Jokowi Pura-pura Diwawancara Wartawan Soal Putusan MK

  • Arry
  • 30 Agt 2024 15:19
Presiden Jokowi memberikan keterangan pers di Istana Kepresidenan, Jakarta(sekretariat presiden/youtube)

Presiden Joko Widodo mendapat sorotan usai diduga melakukan wawancara settingan di Istana Kepresidenan, Jakarta. Tercatat dua kali Jokowi diduga pura-pura diwawancara wartawan.

Wawancara pertama terjadi pada 21 Agustus 2024 saat Presiden Jokowi mengomentari putusan Mahkamah Konstitusi (MK) soal ambang batas hingga syarat usia pencalonan kepala daerah.

"Kemarin MK mengeluarkan putusan yang mengubah UU Pilkada. Hari ini Baleg DPR melakukan rapat membahas UU Pilkada. Bagaimana tanggapannya pak," tanya seseorang dari balik kamera.

"Ya kita hormati kewenangan dan keputusan masing-masing lembaga negara. Itu proses konstitusional yang biasa terjadi di lembaga-lembaga negara yang kita miliki," kata Presiden Jokowi.

Baca juga
Beda Komentar Soal Putusan MK: Jokowi Jadi Bapak Gibran vs Jokowi Jadi Ayah Kaesang

Wawancara ini terjadi di kawasan Istana Merdeka. Hanya terlihat satu microphone tanpa logo stasiun televisi yang ditodongkan ke Jokowi, serta dua handphone yang digunakan untuk merekam pernyataan Kepala Negara.

Wawancara Presiden Jokowi

Hal serupa terjadi pada 27 Agustus 2024. Saat itu Presiden menanggapi terkait demo revisi UU Pilkada yang sedang terjadi.

"Pak ada tanggapan dengan sejumlah demo yang belakangan terjadi. Dan tanggapannya terhadap mahasiswa yang ditahan?" demikian ucapan dari beberapa orang yang seolah-olah seperti wartawan yang bertanya.

Seperti wawancara soal putusan MK, dalam wawancara ini hanya terlihat dua microphone polos tak ada logo televisi dan tiga handphone yang ditodongkan ke Jokowi.

"Indonesia negara kita ini adalah negara demokrasi. Penyampaian aspirasi, penyampaian pendapat, ini adalah hal yang baik dalam demokrasi. Saya sangat menghargai itu, saya sangat menghormati itu," kata Jokowi di Istana.

"Saya titip, saya hanya titip penyampaian aspirasi ini dilakukan secara tertib dan damai. Sehingga tidak mengganggu aktivitas warga lain," tutup Jokowi tanpa ada pertanyaan lanjutan dari wartawan yang biasanya riuh.

Kedua wawancara itu diunggah di YouTube resmi Sekretariat Presiden dan akun Instagram Presiden Jokowi @jokowi.

Untuk diketahui, pada dua hari tersebut, sejumlah wartawan yang ngepos di Istana Kepresidenan berada di ruangan pers Istana. Tidak ada pemberitahuan dari biro pers Istana terkait dua wawancara tersebut.

Belum ada respons dari pihak Istana soal settingan wawancara ini.

Artikel lainnya: Hasil Drawing Liga Champions: Real Madrid, AC Milan, Liverpool Saling Jegal

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait