KPK Segera Cecar Kaesang dan Erina Soal Jet Gulfstream dan Tas Dior

  • Arry
  • 29 Agt 2024 11:30
Kaesang Pangarep dan Erina Gudono(@erinagudono/instagram)

Komisi Pemberantasan Korupsi akan meminta klarifikasi kepada Kaesang Pangarep dan istrinya, Erina Gudono, terkait penggunaan jet pribadi Gulfstream G650ER dan borong tas Dior.

"Pimpinan sendiri sebenarnya sudah memerintahkan Direktur Gratifikasi, tolong dong itu informasi-informasi dari media itu diklarifikasi,” kata Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, di Jakarta.

Alex menjelaskan, pemeriksaan ini dilakukan lantaran jet Gulfstream itu disebut-sebut disediakan pengusaha pemilik Shopee, Gang Ye. Menurutnya, meski Kaesang dan Erina bukanlah penyelenggara negara, tapi mereka adalah anak dan menantu dari Presiden Joko Widodo.

Dia mengatakan, anak penyelenggara negara dapat saja terlibat dalam pemberian gratifikasi. "Kayak saya, saya suruh saja anak saya untuk terima gratifikasi. Selesai sudah, bukan saya, yang melakukan itu anak saya,” jelasnya.

Baca juga
Viral Video Kaesang dan Erina Turun dari Jet Pribadi Mewah Gulfstream di Solo

Alex menjelaskan, KPK perlu membuktikan fasilitas yang didapat Kaesang dan Erina tidak berhubungan dengan jabatan dari orang tua maupun kakaknya, Gibran Rakabuming Raka.

“Tapi jangan sampai pertanyaan masyarakat itu menggantung, ini apa ini kejadiannya, apakah masuk gratifikasi? Siapa yang memberikan fasilitas itu dan sebagainya, harus clear,” ujarnya.

Sementara itu, Ditjen Bea dan Cukai, juga diminta memeriksa barang-barang mewah seperti tas Dior yang dibawa Kaesang dan Erina tanpa pemeriksaan Pabean usai turun dari jet Gulfstream dalam video yang viral.

“Terkait status penerbangan di video tersebut masih kami cek,” kata Direktur Komunikasi dan Bimbingan Pengguna Jasa Bea Cukai, Nirwala Dwi Heriyanto.

"Jika penerbangan tersebut adalah penerbangan domestik, maka tidak perlu melalui Bea Cukai. Sementara jika penerbangan tersebut penerbangan internasional, maka akan melalui prosedur-prosedur international airport clearance, termasuk imigrasi dan kepabeanan,” kata dia.

Artikel lainnya: Ribuan Pengemudi Ojol dan Kurir Geruduk Istana, Ini Tuntutannya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait