Tangki Avtur Pesawat Garuda yang Ditumpangi Artis Kunto Aji Bocor, Ini Kata Maskapai

  • Arry
  • 25 Agt 2024 11:21
Pesawat Garuda Indonesia(@aldrinrachmanpradana/unsplash)

Tangki avtur pesawat Garuda Indonesia rute Jakarta-Pekanbaru bocor di Bandara Soekarno Hatta, Banten. Insiden ini viral usai diunggah penyanyi Kunto Aji.

Kunto Aji yang menjadi salah satu penumpang membagikan momen saat pesawat yang ditumpanginya mengalami masalah. Dia merekam saat avtur mengucur deras dari sayap pesawat.

"Nyawa gw baru aja diselamatkan, Alhamdulillah masih ada umur, ketahuan, puter balik gajadi terbang. Serem banget ini," tulis Kunto Aji di akun X @KuntoAjiW pada Sabtu, 24 Agustus 2024.

Tangki BBM Garuda Indonesia bocor

Penjelasan Garuda Indonesia

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, menjelaskan insiden yang menimpa Kunto Aji tersebut. Dia menyatakan peristiwa itu terjadi pada maskapai dengan nomor penerbangan GA-174 rute Jakarta-Pekanbaru.

Irfan menjelaskan kronologi tangki bahan bakar pesawat bocor. Menurutnya, insiden bermula saat armada PK-GFW itu dijadwalkan berangkat dari Bandara Soetta pada Sabtu, 24 Agustus 2024 pukul 11.50 WIB.

Sebelum lepas landas, pilot sudah melakukan prosedur rutin, termasuk memverifikasi jumlah isian avtur dalam pesawat.

"Prosedur tersebut merupakan bagian dari manual tatal aksana safety sebelum pesawat take off," ujar irfan dalam keterangan tertulis.

Dari pengecekan itu, diketahui ada masalah teknis pada tangki bahan bakar pesawat. Insiden ini tak hanya diketahui pilot, sejumlah penumpang juga sempat melaporkan kejadian tersebut.

Hal ini pun membuat pilot memutuskan putar balik dan melakukan inspeksi pesawat secara menyeluruh

"Para penumpang yang berjumlah 135 orang telah diterbangkan kembali dengan pesawat PK-GMM pada pukul 14.00 WIB dan dijadwalkan tiba pada 15.45 WIB sore tadi," kata dia.

Artikel lainnya: Beredar Cuitan Lama Hina DPR, Ridwan Kamil: Dulu Marah ke Indonesia

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait