Reshuffle Kabinet: Para Menteri Baru Kompak Menghadap Prabowo Sebelum Dilantik Jokowi

  • Arry
  • 19 Agt 2024 19:41
Menteri dan Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju usai dilantik Presiden Jokowi di Istana Negara (humas jay/setkab.go.id)

Presiden Joko Widodo melantik sejumlah menteri dalam reshuffle kabinet yang dilakukan jelang masa jabatan berakhir. Namun, sebelum dilantik di Istana Kepresidenan, mereka menghadap presiden terpilih, Prabowo Subianto, terlebih dahulu.

Sebelum pelantikan dan pengambilan sumpah, sejumlah menteri ternyata menghadap Prabowo terlebih dahulu. Hal itu diakui langsung oleh para menteri tersebut.

Seperti Bahlil Lahadalia. Menteri yang menggantikan Arifin Tasrif sebagai Menteri ESDM itu mengaku bertemu Prabowo. Dalam pertemuan itu, Prabowo juga menitipkan pesan kepada dirinya.

"Tadi saya juga datang untuk pamit sama Pak Prabowo, presiden terpilih," kata Bahlil Lahadalia, Senin, 19 Agustus 2024.

"(Pesannya) satu saja, merah putih, kerja baik untuk kesejahteraan rakyat, bangsa, dan negara. Itu yang paling penting," ujar politisi Partai Golkar itu.

Baca juga
Reshuffle Kabinet: Daftar Menteri, Wamen, Kepala Badan yang Dilantik Jokowi

Selain itu, Rosan Roeslani juga menghadap Prabowo sebelum dilantik menjadi Menteri Investasi. Rosan menggantikan posisi Bahlil yang digeser menjadi Menteri ESDM.

"Tadi pagi beliau menyampaikan untuk menjalankan amanah ini sebaik-baiknya dan cintailah rakyat Indonesia dan selalu jalankan ini dengan ingat kepada Tuhan Yang Maha Esa. Itu arahan dari beliau tadi," kata Rosan yang juga adalah Ketua Tim Kampanye Nasional Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka itu

Menteri lainnya yang menghadap Prabowo adalah menteri asal Partai Gerindra yani Supratman Andi Agtas dan Angga Raka Prabowo. Supratman dilantik menjadi Menteri Hukum dan HAM, sedangkan Angga Raka menjadi Wamen Kominfo.

"Pagi tadi juga kami setelah bertemu dengan Bapak Prabowo, presiden terpilih, beliau pesankan kepada kami untuk menjaga republik ini, jangan melakukan segala sesuatu perbuatan yang tercela. Insya Allah itu akan menjadi tugas yang akan kami jalankan," kata Supratman.

"Beliau pesannya kita harus selalu berpihak kepada rakyat, dan pegang amanah ini dengan penuh tanggung jawab," timpal Angga Raka.

Pelantikan dan pengambilan sumpah menteri, wamen, dan kepala badan digelar di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Senin, 19 Agustus 2024.

Berikut daftar Menteri dan Wakil Menteri yang dilantik:

1. Supratman Andi Agtas (Partai Gerindra) jadi Menkumham RI
2. Bahlil Lahadalia (Partai Golkar) jadi Menteri ESDM
3. Rosan Roeslani (Ketua Timses Prabowo-Gibran) jadi Menteri Investasi
4. Angga Raka Prabowo (Partai Gerindra) Jadi Wamenkominfo

Selain melantik menteri dan wakil menteri, Presiden Jokowi juga melantik kepala badan, termasuk badan yang baru dibentuk yakni Kantor Komunikasi Kepresidenan. Berikut daftarnya:

1. Prof Dadan Hindayana jadi Kepala Badan Gizi
2. Hasan Nasbi (Jubir Prabowo-Gibran) jadi Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan
3. Taruna Ikrar jadi Kepala BPOM.

Artikel lainnya: Perjalanan Kasus Jessica Wongso: Vonis 20 Tahun Hingga Bebas Bersyarat

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait