Viral Mobil Dinas RI 24 Milik Menag Yaqut Masuk Jalur Busway, Kemenag Buka Suara

  • Arry
  • 24 Jul 2024 15:58
Viral Mobil Dinas RI 24 Milik Menag Yaqut Masuk Jalur Busway(ist/ist)

Viral di media sosial video mobil dinas berplat RI-24 masuk ke jalur TransJakarta alias Busway. RI-24 diketahui adalah mobil dinas milik Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Dalam video yang beredar terlihat mobil itu tengah berhenti di jalur busway. Di depannya ada motor patroli polisi yang menghadap ke mobil tersebut. Selain itu juga terlihat bus TransJakarta berada di depan mobil Ri-24.

Kementerian Agama buka suara soal insiden tersebut. Juru Bicara Kemenag, Anna Hasbie, menjelaskan, peristiwa itu terjadi pada Selasa 23 Juli 2024.

"Ini kejadian saat Bapak Menag hendak menuju kantor Kemenag di Jalan Thamrin," kata Anna.

Mobil pelat dinas RI-24 milik Menteri Agama terobos jalur Busway

Anna mengklaim, mobil yang ditumpangi Gus Yaqut itu hanya mengikuti arahan patwal. Apalagi saat itu Menag juga tengah dalam perjalanan dinas.

"Jadi mobil Menag hanya mengikuti patwal yang berjalan di depan. Kenapa mobil masuk busway? Karena sudah berkoordinasi dengan polisi-polisi lain dan pihak terkait," ujar dia.

"Jadi mobil hanya mengikuti arahan patwal. Tadi pagi ada acara di Kemenag, jadi mobil dalam rangka perjalanan dinas atau kerja," tambahnya.

"Jadi kan hanya mengikuti protokoler, patwal yang mengarahkan jalan yang harus dilewati. Bukan maksud untuk privilege atau mencaplok busway, tapi hanya mengikuti patwal. Kita tidak boleh keluar dari arahan patwal, karena dia protokoler," ucap Anna.

"Patwal itu mundur karena sudah ada koordinasi dengan TransJakarta 'maaf nih, akan lama', karena itu patwal mundur lagi. Kan yang menunjukkan jalan patwal karena dia polisi lalu lintas, dan mobil menteri secara protokoler harus mengikuti patwal," ujar dia.

Artikel lainnya: Viral Video Driver Ojol Tertimbun Aspal Panas, Begini Kondisi dan Kronologinya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait