Presiden Jokowi Lantik Keponakan dan Aspri Prabowo Jadi Wakil Menteri

  • Arry
  • 18 Jul 2024 17:46
Pelantikan Yuliot Tanjung, Sudaryono, dan Thomas Djiwandono sebagai Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju(sekretariat kabinet/youtube)

Presiden Joko Widodo melantik tiga wakil menteri baru Kabinet Indonesia Maju. Mereka adalah Thomas Djiwandono, Sudaryono, dan Yuliot Tanjung.

Thomas Djiwandono dilantik menjadi Wakil Menteri Keuangan, Sudaryono sebagai Wakil Menteri Pertanian, dan Yuliot sebagai Wakil Menteri Investasi. Pelantikan dilakukan di Istana Kepresidenan, 18 Juli 2024.

Jokowi memimpin pengambilan sumpah Thomas Djiwandono, Sudaryono, dan Yuliot untuk menjadi wakil Menteri. Berikut sumpah yang dibacakan Jokowi diikuti ketiganya:

"Bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab."

    Keponakan Prabowo Subianto, Thomas Djiwandono dilantik sebagai Wakil Menteri Keuangan (Youtube)
Keponakan Prabowo Subianto, Thomas Djiwandono dilantik sebagai Wakil Menteri Keuangan (Youtube)

Thomas Djiwandono adalah keponakan Presiden terpilih, Prabowo Subianto. Ia juga menjabat Bendahara Umum Partai Gerindra. Sementara Sudaryono merupakan Asisten Pribadi Prabowo Subianto sejak 2010. Dia juga menjabat Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah.

    Asisten Pribadi Prabowo Subianto, Sudaryono, dilantik sebagai Menteri Pertanian Kabinet Indonesia Maju (Youtube)
Asisten Pribadi Prabowo Subianto, Sudaryono, dilantik sebagai Menteri Pertanian Kabinet Indonesia Maju (Youtube)

Sedangkan Yuliot adalah pejabat karier di Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Dia menggantikan Harvick Hasnul Qolbi. Sudaryono juga pernah menjadi Deputi Pengendalian dan Pelaksanaan Penanaman Modal BKPM.

Hadir dalam pelantikan ini adalah Wapres Ma'ruf Amin, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menkeu Sri Mulyani, dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

Selain itu hadir pula Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Wakil Ketua MPR sekaligus Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, dan Anggota DPR Budi Djiwandono.

Artikel lainnya: Usai Gugat Cerai, Kimberly Ryder Polisikan Edward Akbar Atas Kasus Penggelapan Mobil

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait