Heboh 5 Tokoh Nahdliyin Bertemu Presiden Israel, Ketua PBNU Buka Suara

  • Arry
  • 15 Jul 2024 10:04
5 Tokoh Nahdliyin bertemu Presiden Israel Isaac Herzog(ist/ist)

Beredar foto lima tokoh Nahdliyin bertemu Presiden Israel, Isaac Herzog. Pengurus Besar Nahdlatul Ulama buka suara.

Lima tokoh itu adalah Gus Syukron Makmun, Dr. Zainul Maarif, Munawar Aziz, Nurul Bahrul Ulum, dan Izza Annafisah Dania. Pertemuan itu berlangsung pekan lalu.

Dalam foto itu terlihat, para tokoh Nahdliyin terlihat berdiri di sekitar Presiden Isaac Herzog. Tampak para tokoh Nahdliyin itu mengenakan batik dan jas.

Ketua PBNU Bidang Hukum dan Media, Savic Ali, mengaku sudah mendengar pertemuan tersebut. Namun dia tidak mengetahui tujuan para tokoh itu bertemu Presiden Isaac.

"Minggu kemarin (pertemuannya)," kata Savic dikutip dari kumparan.

Savic menegaskan, PBNU tidak pernah memberikan mandat kepada lima orang tersebut untuk bertemu Isaac. Bahkan mereka juga tidak pernah berkonsultasi dengan PBNU.

"PBNU tidak pernah memberi mandat dan juga tidak ada konsultasi dari mereka yang berkunjung ke sana film berangkat," ujarnya.

Menurut Savic, PBNU menyesalkan pertemuan tersebut. Apalagi saat ini Israel masih melakukan penyerangan terhadap Palestina.

"PBNU menyesalkan kunjungan sejumlah aktivis NU ke Israel, mengingat saat ini yang harusnya dilakukan adalah mengecam dan menekan Israel lewat berbagai cara agar menghentikan kekerasannya terhadap rakyat Palestina," ujarnya.

"Kami juga khawatir kunjungan dan pertemuan sejumlah teman dengan presiden Israel tersebut akan makin melukai perasaan warga Palestina dan warga muslim pada umumnya," kata dia.

Untuk diketahui, Israel masih terus melakukan penyerangan ke Gaza, Palestina. Sudah puluhan ribu orang tewas dalam serangan yang berlangsung hingga saat ini.

Artikel lainnya: Spanyol Juara Euro 2024

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait