Viral Kehadiran Orang Utan Setinggi Rumah, BKSDA Angkat Bicara

  • Arry
  • 10 Jul 2024 10:20
Viral munculnya orang utan setinggi rumah(ist/ist)

Viral video penampakan orang utan berada di pemukiman warga. Yang menjadi perhatian adalah ukuran hewan primata itu yang terlihat besar setinggi rumah.

Video ini viral di sejumlah akun media sosial. Dalam video itu terlihat orang utan itu tengah mencoba memanjat sebuah pohon. Namun orang utan itu terlihat tak dapat memanjatnya.

Dari video itu terlihat, orang utan itu berukuran besar. Tingginya pun terlihat setinggi rumah di belakangnya.

Balai Konservasi Sumber Daya Alam atau BKSDA Kalimantan Timur menduga, peritiwa tersebut terjadi di Kutai Timur. Video itu diambil oleh orang yang sedang berkendara.

"Dari kemarin kita sudah melakukan upaya identifikasi dan penelusuran dari media sosial dan lain-lain. Kemudian juga dari kemarin sampai hari ini teman-teman WRU (Wildlife Rescue Unit) kami juga mencari lokasinya yang dimaksud (Kutim)," kata Kepala BKSDA Kaltim Ari Wibawanto.

"Ya jadi masih simpang siur. Sayangnya bahwa peng-upload pertama video itu sudah men-take down upload mereka. Jadi agak susah kita mencari informasi lebih lanjut, tapi kita tetap mencari lokasi yang sesuai dengan video tersebut," jelasnya.

Orang utan setinggi rumah

"Kita belum memastikan lokasinya itu ada di mana apakah di Kalimantan Timur, Kalbar, atau Kalteng. Belum bisa menentukan," imbuhnya.

Ari menjelaskan, dari pengamatan selintas di video viral, diduga orang utan itu adalah jantan dan juga orang utan senior. Mengenai ukuran yang dinarasikan hampir setinggi rumah warga, Ari menilai hal itu disebabkan pengambilan sudut video.

"Lihat angel videonya, itu kan diambil dari bawah, kemudian juga rumah itu kita tidak tahu jaraknya seperti apa. Jadi itu karena angle aja sih pengambilan videonya juga cukup bagus. Kesannya jadi besar," ungkapnya.

"Ya memang tingkah lakunya pasti mereka mencari betina atau mencari makan di tempat, jadi tidak ada teritori. Mereka pasti akan berkeliling mencari sesuatu hal seperti lelaki petualang, seperti itu karena dia ini senior sekali," tuturnya

"Jadi mereka tidak akan sanggup memanjat pohon karena sudah berat badannya itu sudah besar," ujarnya.

Artikel lainnya: Ketua OSIS SMA di Klaten Tewas Kesetrum Usai Diceburkan Saat Ultah, Ini Kronologinya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait