Viral Rombongan Presiden Jokowi Setop Ambulans yang Bawa Pasien, Istana Buka Suara

  • Arry
  • 27 Jun 2024 10:53
Ambulans yang hendak masuk RSUD dr Murjani Sampit, Kotawaringin Timur, Kalteng, dihentikan rombongan Presiden Jokowi (ist/ist)

Viral video saat rombongan Presiden Joko Widodo di sebuah jalan di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, memberhentikan sebuah ambulans. Padahal mobil yang harusnya diprioritaskan itu tengah membawa pasien.

Video ini viral diunggah akun X @NinzExe07. Dalam video itu terlihat ambulans hendak berbelok masuk ke RSUD dr Murjani Sampit. Di arah berlawanan terlihat rombongan Presiden Jokowi hendak melintas.

Saat itu, sejumlah anggota polisi menghentikan ambulans dan mendahulukan rombongan Presiden Jokowi untuk melintas terlebih dahulu. Sopir ambulans sempat merekam dia tengah membawa orang sakit yang tengah terbaring dengan ditemani dua anggota keluarganya.

"Bismillah. Nasib di negeri Konoha, astaghfirullah," tulis akun tersebut dikutip Kamis, 27 Juni 2024.

"Pasien dibawa pakai ambulan, di suruh matikan sirene nya dan minggir dulu hanya demi rombongan @jokowi Lewat !! Kalau pasien itu meninggal gimana donk !! Kejadian di Sampit !!"

Viral ambulans disetop rombongan Presiden Jokowi

Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana, buka suara soal insiden tersebut. Dia meminta maaf kepada keluarga pasien dan masyarakat.

"Kami memohon maaf kepada keluarga dan masyarakat atas kejadian tersebut. Dan akan selalu mengingatkan kembali kepada semua jajaran pengamanan," ujar Yusuf dalam keterangan tertulis.

"Pada Dasarnya, SOP Kami untuk Ambulans adalah diberikan prioritas utama jalan atau akses, tidak boleh dihambat, termasuk juga (untuk) mobil pemadam kebakaran," tegasnya.

Menurutnya, sudah sering terjadi rangkaian kepresidenan harus menepi dan disalip ambulans di jalan. Sebab, kendaraan tersebut adalah prioritas sesuai standar prosedur yang selama ini diberlakukan pihak istana.

Selain itu, Tim Adv Kepresidenan juga selalu memberikan arahan dan informasi kepada tim pengamanan wilayah untuk menerapkan SOP tersebut.

Artikel lainnya: Dikabarkan Retak dengan Paula Verhoeven, Baim Wong Singgung Pengganggu Istri Orang

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait