Kepala Otorita IKN dan Wakilnya Mundur dari Jabatan, Menteri Basuki Jadi Pengganti

  • Arry
  • 3 Jun 2024 13:53
Bambang Susantono mundur sebagai Kepala Otorita IKN(humas/setkab.go.id)

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara, Bambang Susantono, dan Wakilnya, Dhony Rahajoe, mengundurkan diri dari jabatannya. Posisinya digantikan Menteri PPUPR Basuki Hadimuljono dan Wamen ATR Raja Juli Antoni.

"Bapak Presiden menerima surat pengunduran diri dari Dhony Rahajoe selaku Wakil Kepala Otorita IKN. Kemudian beberapa waktu berikutnya Pak Presiden juga menerima surat permohonan pengunduran diri dari Bambang Susantono sebagai kepala Otorita IKN," kata Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) RI, Pratikno, di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 3 Juni 2024.

Untuk diketahui, Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe dilantik Presiden Jokowi sebagai Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN di Istana Negara, pada 10 Maret 2022.

Sebagai pengganti Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe, Presiden Jokowi mengangkat Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Wamen ATR/BPN Raja Juli Antoni.

"Sekaligus Presiden mengangkat Menteri PUPR Pak Basuki sebagai Plt Kepala Otorita IKN dan juga mengangkat Wakil Menteri ATR, Wakil Kepala BPN sebagai Wakil Kepala Otorita IKN," ujarnya.

Pratikno berharap duet Basuki-Raja Juli dapat mempercepat pembangunan IKN sesuai rencana awal.

"Visi semula tetap konsisten rencana Nusa Rimba Raya dan tentu memberikan manfaat positif bagi masyarakat sekitar," ujarnya.

"Persoalannya di tanah dan investasi. Kenapa Raja jadi wakil, karena ini menyangkut status tanah. Apakah status tanah di IKN ini dijual, disewa, atau KPBU? Kami ingin percepat itu, sehingga investor tidak ragu untuk investasi," kata Pratikno .

Artikel lainnya: Rahul Pinem, Petarung One Pride MMA Meninggal Dunia

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait