Kilang Minyak di Balikpapan Kebakaran Pertamina: Sudah Padam, Tak Ada Korban

  • Arry
  • 25 Mei 2024 11:14
Kondisi kilang minyak Pertamina Balikpapan usai kebakaran(pertamina/pertamina)

Kilang minyak Pertamina di Balikpapan terbakar pada Sabtu, 25 Mei 2024, pukul 05.06 Wita. Kebakaran ini terjadi pada kilang Refinery Unit (RU) V yang dikelola PT Kilang Pertamina Internasional (KPI).

General Manager KPI Unit Balikpapan, Bayu Arafat, mengatakan kebakaran terjadi di salah satu unit Crude Distillation Unit (CDU), yakni CDU IV Kilang Balikpapan.

Menurutnya, tim pemadaman telah berhasil menjinakkan api yang membakar CDU IV Kilang Balikpapan. Pemadaman dilakukan oleh 8 unit mobil pemadam.

"Tim Pemadam telah berhasil tangani kejadian di CDU IV Kilang Balikpapan pada pukul 07.30 Wita. Saat ini tim fokus pada upaya pendinginan area kejadian untuk mencegah timbulnya api kembali," kata Bayu dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga
Deretan Kebakaran di Kilang Pertamina, Paling Sering Terjadi di Cilacap

Bayu menjelaskan, saat ini tim pemadam statis (fire ground) diaktifkan untuk membantu pemadaman dan melokalisir sumber panas. Saat ini, tim terus memastikan tidak ada sumber panas di area kejadian aman.

"Alhamdulillah, Tim Pemadam telah berhasil menguasai kondisi dan saat ini tengah dilakukan upaya pendinginan," kata Bayu.

Bayu menyatakan, lokasi kebakaran masih berada di area kilang Balikpanan. Dia pun memastikan, kejadian ini tidak berdapak pada masyarakat di sekitar kilang.

"Selain itu, monitoring produksi BBM juga kami lakukan untuk memastikan supply ke masyarakat tidak terganggu," jelasnya.

"Sekali lagi terima kasih kepada seluruh stakeholder atas doa dan dukungan yang diberikan, sehingga kejadian ini dapat segera ditangani dengan maksimal," kata Bayu.

Artikel lainnya: Kasus Pembunuhan Vina Cirebon, Pegi Perong Siap Jadi Tumbal Orang Penting

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait