5 Khasiat Air Kelapa Buat Tubuh: Hindari Serangan Jantung Hingga Turunkan Berat Badan

  • Arry
  • 2 Jun 2023 12:48
Manfaat dan khasiat air kelapa(dianschuurkamp/unsplash)

Kelapa adalah tumbuhan yang memiliki kegunaan yang banyak. Seluruh bagian dari tumbuhan tropis ini memiliki manfaat yang banyak.

Seperti air buah kelapa. Air kelapa ini ternyata juga kaya akan konsentrasi elektrolit untuk menambah asupan cairan tubuh. Selain itu juga mengandung banyak vitamin dan mineral.

Selain air kelapa muda, air kelapa hijau juga bisa menjadi skincare alami. Sebab, kandungan dalam air kelapa hijau mengandung zat antiradikal bebas yang bisa menyehatkan kulit dan mencegah penuaan dini.

Melansir sejumlah sumber, berikut 5 khasiat air kelapa untuk tubuh:

1. Menurunkan Risiko Serangan Jantung

Air kelapa dapat menekan risiko terjadinya sindrom metabolik yang bisa memicu berbagai gejala seperti meningkatnya kadar kolesterol, kadar gula darah, hingga penyakit serangan jantung.

Sindrom metabolik ini mengadung sejumlah senyawa antioksidan. Senyawa itu pula bisa melindungi jantung dan memulihkan oksidatif pada pembuluh darah. Lalu, mendorong peningkatan kadar insulin dan menurunkan trigliserida atau lemak darah yang tidak diperlukan oleh tubuh.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan

Air kelapa hijau diketahui mengandung vitamin C plus antioksidan. Campuran ini selain bisa menghilangkan rasa haus saat terik matahari, tetapi juga bisa mempertebal perlindungan sistem imunitas Anda sebagai gerbang utama kesehatan tubuh.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Air kelapa hijau diketahui memiliki kalori yang rendah sehingga bisa mendukung usaha Anda untuk menurunkan berat badan. Selain itu, kandungan air kelapa hijau akan memberikan efek rasa kenyang yang lama dibanding dengan air kelapa muda.

4. Meredakan Peradangan

Air kelapa hijau kaya akan fenolik jenis antioksidan yang juga mencegah kerusakan oksidatif di dalam sel-sel tubuh. Kandungan ini bisa meredakan peradangan yang disebabkan sejumlah faktor.

5. Meningkatkan Fungsi Otak

Air kelapa hijau mengandung asam glutamat yang mampu mengurangi rasa cemas, stres, dan depresi. Selain itu, asam glutamat juga bermanfaat untuk menjaga fungsi otak.

Artikel lainnya: Liburan ke Jakarta Aquarium: Harga Tiket Hingga Serunya Interaksi dengan Hewan Laut

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait