Berapa Saturasi Oksigen Normal? Begini Cara Mengetahuinya

  • Arry
  • 22 Jul 2021 14:58
Oximeter(fernandozhiminaicela/pixabay)

Saturasi oksigen rendah

Berikut adalah kriteria nilai saturasi oksigen rendah atau di bawah normal:

Analisis gas darah (PaO2): di bawah 80 mmHg
Oximeter (SpO2): di bawah 94%

Orang yang memiliki saturasi oksigen rendah atau hipoksemia bisa merasakan berbagai gejala, seperti nyeri dada, sesak napas, batuk, sakit kepala, detak jantung cepat, kebingungan, dan kulit membiru.

Kendati demikian, orang yang mengalami hipoksemia juga bisa tidak merasakan gejala apa pun. Kondisi ini yang disebut dengan happy hypoxia ini bisa terjadi pasien COVID-19.

Hipoksemia, baik yang menimbulkan gejala maupun tidak, bisa menganggu kerja organ dan jaringan tubuh. Bila dibiarkan, hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada organ vital, seperti jantung, otak, dan ginjal, dan berisiko menyebabkan komplikasi yang berbahaya.


Saturasi oksigen tinggi

Pada orang yang sehat, kadar saturasi oksigennya terkadang bisa tinggi. Namun, umumnya kondisi saturasi oksigen tinggi lebih sering ditemukan pada orang yang mendapat terapi oksigen, baik dengan selang atau masker oksigen maupun pada pasien yang mendapatkan bantuan pernapasan lewat mesin ventilator.

Untuk mendeteksi saturasi oksigen yang terlalu tinggi, ini hanya bisa dilakukan dengan menggunakan pemeriksaan analisis gas darah, yakni dengan hasil PaO2 di atas 120mmHg.

Demikian pembahasan mengenai saturasi oksigen normal, rendah, dan tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait