Ternyata Ini Fungsi Awal Kantong Kecil di Celana Jeans, Bukan Buat Simpan Koin

  • Arry
  • 30 Sep 2024 11:34
Fungsi kantong kecil celana jeans(@tomasmartinez/unsplash)

Bagi penggemar celana jeans, tentu tidak asing dengan keberadaan kantong kecil yang berada di saku sebelah kanan. Saat ini, kantong kecil itu kerap digunakan untuk menyimpan uang koin. Namun fungsi awalnya ternyata bukan untuk itu.

Celana jeans mulai digunakan sejak era 1800-an. Mulanya celana jeans dipakai oleh tukang kayu, penambang, hingga insinyur kereta api.

Levi Strauss selaku perancang celana jeans mulanya merancang celana jeans dengan hanya memiliki empat saku. Dari Blog Levi Strauss dijelaskan, rancangan empat kantong itu adalah dua di bagian depan dan dua di belakang.

Namun melihat perkembangan, saat itu jam tangan rantai adalah salah satu aksesoris yang wajib dibawa oleh koboi, penambang, tukang kayu, dan pekerja kasar lainnya di Amerika Serikat.

Baca juga
Citayam Fashion Week Dirusak dengan Datangnya yang Lebih Mampu

Dengan desain jeans yang pertama, maka sangat sulit bagi pengguna jeans untuk menyimpan jam tangan rantai mereka. Sering kali jam tangan rantai mereka tak terlindungi dengan baik jika disimpan di kantong celana jeans atau rompi.

Akhirnya Levi Strauss bersama dengan penjahit kenalannya, Jacob Davis, merancang kantong kelima pada celana jeans yang mereka produksi. Desain ini pertama kali digunakan celana jeans pada 1879.

Dengan demikian, desain terbaru celana jeans terdiri dari dua kantong di depan celana dan dua kantong di belakang, serta satu kantong kecil di saku bagian depan sebelah kanan.

Dengan hadirnya kantong kecil ini, masalah yang dihadapi para koboi hingga penambang untuk menyimpan jam rantainya teratasi. Karena ukuran yang baik, maka jam rantai itu bisa terlindungi dari potensi kerusakan dan pencurian.

Namun seiring waktu, kantong kecil di celana jeans itu memiliki fungsi yang beragam. Tak hanya untuk menyimpan jam tangan rantai saja.

Mengutip laman Hockerty, kantong kecil celana jeans kini memiliki fungsi seperti:

  1. Tempat simpan koin: Saku kelima celana jeans dapat menjadi tempat untuk menyimpan uang receh atau koin
  2. Penyimpanan petikan gitar: Bagi musisi, saku kecil pada celana jeans adalah tempat yang ideal untuk menyimpan petikan gitar
  3. Tempat simpan USB: Kantong kecil pada celana jeans juga dapat menjadi tempat aman untuk USB agar tidak hilang
  4. Kantong rokok dan korek: Bagi orang yang merokok, tempat ini dapat menjadi penyimpanan sempurna untuk menyembunyikan rokok dan korek api.

Artikel lainnya: Parkir Mobil di Depan Rumah Tetangga Bisa kena Sanksi Rp1,5 M, Ini Aturan Pidananya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait