Siomay dan Pempek Jadi Jajanan Kaki Lima Terenak di Dunia

  • Arry
  • 12 Sep 2024 08:03
Siomay(pexels/unsplash)

Kuliner Indonesia kembali merajai daftar makanan terenak di dunia. Kali ini yang menjadi santapan terenak di dunia adalah siomay dan pempek.

Penilaian ini dilakukan oleh TasteAtlas, sebuah situs traveling dan kulineran dari ratusan negara. Dalam rilis terbarunya, TasteAtlas mengeluarkan daftar makanan kaki lima terenak di dunia.

Dalam daftar 'Top 100 Street Foods in the World', TasteAtlas menobatkan siomay sebagai jajanan kaki lima terenak di dunia. Sedangkan pempek berada di peringkat 4.

"Siomay merupakan jajanan khas Indonesia yang dikukus dan bentuknya seperti dimsum isi daging ikan, telur, kentang, kol, tahu dan pare. Setelah semuanya dikukus, siomay dipotong-potong dan disajikan dengan saus kacang serta kecap dan saus sambal,"tulis TasteAtlas dikutip Kamis, 12 September 2024.

TasteAtlas menjelaskan, siomay dari Indonesia terinspirasi dari shumai ala China. Kuliner ini dibawa masuk ke Indonesia oleh imigran asal China di era kolonial Belanda.

Sementara pempek adalah hidangan berbahan dasar ikan tenggiri yang dicampur dengan sagu dan tepung. TasteAtlas menulis, pempek ini tercipta karena banyak warga Palembang yang bosan dengan olahan ikan yang itu-itu saja. Akhirnya mereka mengolah ikan menjadi makanan yang mereka sebut pempek.

Pempek
Pempek Palembang

"Dari waktu ke waktu, pempek dikenal sebagai camilan yang enak dan sampai sekarang dianggap warisan kuliner Indonesia. Biasanya pempek dikukus dulu sebelum digoreng hingga garing," tulis TasteAtlas.

Selain 2 kuliner tersebut, batagor dari Indonesia tercatat ada di posisi 15.

Berikut daftar 10 besar dari 100 jajanan terbaik di dunia versi TasteAtlas:

1. Siomay, Indonesia
2. Pastel de nata, Portugal
3. Guotie, China
4. Pempek, Indonesia
5. Tacos, Meksiko
6. Carnitas, Meksiko
7. Banh Mi, Vietnam
8. Carne asada tacos, Meksiko
9. Gringas, Meksiko
10. Tacos al pastor, Meksiko

Artikel lainnya: Budi Arie Soal Jet Pribadi Kaesang: Erina Lagi Hami, Tak Boleh Naik Pesawat Umum

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait