8 Penyebab Bau Ketiak, Salah Satunya Makanan Lezat Ini

  • Arry
  • 26 Agt 2024 11:02
Ilustrasi bau ketiak(pexels/pixabay)

Bau ketiak menyebabkan aroma tak sedap keluar dari tubuh. Kondisi ini dapat membuat orang lain merasa tak nyaman. Simak 8 penyebab bau ketiak, salah satunya dari makanan lezat yang Anda santap.

Penyebab bau keringat dapat berasal dari bakteri berlebihan, kebersihan yang buruk, hingga pemakaian pakaian yang bahannya kurang bagus.

Melansir Verywell Health dan Cleveland Clinic, berikut beberapa penyebab bau ketiak yang berlebihan:

1. Keringat berlebihan

Keringat sebenarnya tak berbau. Namun keringat menimbulkan bau akibat terkontaminasi dengan bakteri di rubuh.

Keringat yang tercampur bakteri ini dapat menyebabkan bau tak tak sedap.

2. Bulu ketiak

Bulu ketiak yang tak dicukur juga dapat menyebabkan bau yang berlebihan. Hal ini karena adanya keringat di ketiak diproduksi oleh kelenjar apokrin. Untuk itu diajurkan rutin menjaga kebersihan pada bagian ketiak.

3. Makanan dan minuman lezat

Makanan dan minuman yang disantap juga menjadi penyebab bau ketiak. Makanan yang menjadi penyebab bau biasanya mengandung sulfur. Untuk mencegah bau ketiak berlebihan, anda wajib membatasi makanan tinggi sulfur seperti:

- Bawang putih, bawang merai, dan bombai
- Brokoli
- Kubis
- Asparagus
- Kembang kol.
- Makanan pedas
- Kafein
- Makanan dan minuman beralkohol
- Rempah-rempah tertentu, seperti jinten dan bubuk kari
- Makanan dengan kandungan MSG (monosodium glutamat) berlebihan.

4. Kenaikan berat badan

Naiknya berat badan juga dapat menyebabkan bau ketiak berlebihan. Hal itu lantaran lipatan kulit akan bertambah seiring berat badan yang naik. Lipatan-lipatan kulit itu dapat menampung bakteri yang membuat keringat menjadi bau tak sedap.

5. Kebersihan diri yang buruk

Kebersihan diri juga menjadi faktor penyebab bau ketiak. Untuk itu, pastikan membersihkan bagian lipatan seperti ketiak dengan sabun antibakteri. Setelah itu, keringkan bagian tubuh hingga kering sebelum berpakaian.

6. Bahan pakaian

Bahan pakaian yang dikenakan juga dapat memicu bau ketiak. Contoh bahan pakaian penyebab ketiak bau, yaitu nilon, poliester, dan satin. untuk itu disarankan mengenakan pakaian berbahan katun sifon, dan linen, yang menyerap keringat. Selain itu, biasakan ganti pakaian jika ketiak basah berlebihan agar tak menimbulkan bau tak sedap.

7. Hormon

Hormon pada tubuh juga menyebabkan bau ketiak. Misalnya seseorang yang memasuki masa pubertas. Hal ini menyebabkan dia akan mengalami lonjakan hormon yang menyebabkan kelenjar keringat lebih aktif.

8. Penyakit

Bau ketiak juga dapat disebabkan penyakit yang disebut hiperhidrosis. Ini adalah penyakit yang menyebabkan seseorang berkeringat lebih banyak dari umumnya. Hal ini membuat dia berisiko punya bau ketiak berlebihan.

Penyakit lainnya yang memicu bau ketiak adalah diabetes, hipertiroid, encok, dan infeksi kulit seperti trikomikosis aksilaris.

Artikel lainnya: Daftar 16 Daerah Diduga Terdampak Gempa Megathrust Hingga 8,9 Magnitudo

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait