Siomay Dinobatkan Sebagai Dumpling Terlezat di Dunia

  • Arry
  • 23 Jul 2024 08:40
Siomay Bandung(taste atlas/tasteatlas.com)

Satu lagi kuliner Indonesia yang mendunia. Dia adalah Siomay yang kini dinobatkan sebagai dumpling terenak di dunia versi Taste Atlas. Siomay bahkan mengalahkan Guotie asal China dan Gyoza dari Jepang.

Penilaian ini dikeluarkan Taste Atlas, sebuah situs yang menyediakan informasi kuliner dari seluruh dunia. Bahkan kerap menjadi panduan dalam pemringkatan daftar kuliner.

Dalam rilis terbarunya, Taste Atlas mengeluarkan daftar Top 100 dumpling terbaik di dunia periode Juli 2024. Dari penilaian yang dilakukan, siomay berada di peringkat pertama dengan nilai 4,8.

"Ini dia top 10 dumpling di dunia, ... dan nomor satu, siomay dari Indonesia," tulis Taste Atlas di unggahan Instagram @tasteatlas dikutip Selasa, 23 Juli 2024.

Baca juga
Siomay dan Batagor Jadi Jajanan Kaki Lima Terenak di Dunia Versi Taste Atlas

Dumpling adalah kuliner seperti pangsit khas China yang biasa dihidangkan saat perayaan Tahun Baru Imlek sebagai simbol kemakmuran. Melansir berbagai sumber, kuliner ini ditemukan sekitar 1.700 tahun lalu.

Dalam laman resmi, Taste Atlas menyebut siomay adalah masakan Indonesia yang terdiri dari pangsit ikan kukus berbentuk kerucut, telur, kentang, kubis, tahu, dan pare. Setelah dikukus, semua bahan ditampung di piring, dipotong-potong seukuran sekali gigit, dan ditaburi saus kacang pedas.

Sentuhan terakhir pada hidangan ini adalah siraman kecap manis dan sambal, serta sedikit perasan jeruk nipis. Siomay berasal dari bahasa Cina shumai, dan diyakini berasal dari kalangan imigran China yang datang ke Indonesia pada masa penjajahan Belanda.

Saat ini, makanan ini merupakan jajanan kaki lima yang umum ditemukan di pusat jajanan. Kuliner ini banyak digemari semua kalangan.

Baca juga
Resep Siomay Bandung yang baru Dinobatkan Jadi Jajanan Terenak di Dunia

Ini kali kedua siomay mendapat predikat kuliner terenak di dunia. Siomay sebelumnya juga pernah terpilih sebagai jajanan kaki lima terenak di dunia versi Taste Atlas.

Berikut ini 10 besar dumpling terenak di dunia versi Taste Atlas:

1. Siomay (Indonesia)
2. Hamamatsu gyoza (Jepang)
3. Xiaolongbao (China)
4. Guotie (China)
5. Tangbao (China)
6. Jiaozi (China)
7. Shuijiao (China)
8. Shengjian mantou (China)
9. Gyoza (Jepang)
10. Baozi (China)

Artikel lainnya: Jurusan IPA, IPS, Bahasa Dihapus di Seluruh SMA Kurikulum Merdeka

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait