Viral Video Jenazah Jemaah Haji Tergeletak di Pinggir Jalan, Ini Penjelasan Kemenag

  • Arry
  • 21 Jun 2024 08:14
Jemaah haji Indonesia(humas/indonesia.go.id)

Beredar di media sosial potongan video jenazah jemaah haji yang tergeletak di pinggir jalan Kota Mina, Arab Saudi. Dinarasikan, jenazah itu terbengkalai dan tak ada yang mengurusi.

Kementerian Agama RI menegaskan, jenazah yang ada di video yang viral bukanlah berasal dari Indonesia. Mereka menegaskan, setiap jemaah haji Indonesia yang wafat akan ditangani sesuai dengan ketentuan.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief mengatakan, sampai jumlah jemaah haji Indonesia yang meninggal di Mina sebanyak 27 jemaah.

"Jemaah kita yang wafat dalam penanganan yang baik oleh tim kesehatan. Jemaah kita yang wafat di Mina ada 27 jemaah. Di Mina ada yang wafat di tenda setelah kecapekan atau setelah jumrah, ada juga yang di KKHI," ucap Hilman dalam keterangannya, Kamis, 20 Juni 2024.

Menurutnya, seluruh jemaah tersebut tercatat dan ditangani petugas kesehatan. Sehingga tidak ada jemaah haji asal Indonesia yang tergeletak di jalanan seperti dalam video yang viral.

"Baik yang wafat di Jamarat atau di Mina ditangani tim kesehatan dan Satgas Khusus di KKHI (Klinik Kesehatan Haji Indonesia), ada juga yang ke rumah sakit," ujarnya.

"Gambar itu yang beredar tidak mencerminkan yang terjadi pada jemaah kita," katanya.

"Jumlah jemaah yang wafat banyak, tapi tak sebanyak tahun lalu. Tapi video yang tersebar itu bukan terkait dengan jemaah kita. Ada dugaan jemaah dibiarkan. Yang ada petugas haji kita full team. Ada beberapa spot di sana dan langsung ditangani," jelasnya.

Artikel lainnya: 165 WNI di Luar Negeri Terancam Hukuman Mati, Terbanyak di Malaysia di Kasus Narkoba

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait