Viral Petugas di Stadion GBK Relokasi Kucing Pakai Karung Plastik, Ini Kata Manajemen

  • Arry
  • 18 Jun 2024 18:44
Stadion Gelora Bung Karno atau GBK(sekretariat negara/setneg.go.id)

Video dua petugas tengah merelokasi kucing liar di kawasan Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, viral di media sosial. Namun, pembersihan kucing itu dilakukan dengan cara dimasukkan ke karung plastik dan diikat.

Video petugas menangkapi kucing dan memasukkan ke karung plastik ini diunggah akun @jakartaanimalaidnetwork. Pegiat pembela hewan itu mengecam tindakan petugas di Stadion GBK tersebut.

"Jika Anda ingin mengurangi populasi kucing di daerah Anda, satu-satunya solusi yang berkelanjutan dan manusiawi adalah dengan melakukan sterilisasi!" tulis akun tersebut dikutip Selasa, 18 Juni 2024.

"Selain itu, ini bukan cara yg manusiawi dan ber-kesejahteraan hewan- memperlakukan kucing dengan memasukkannya ke dalam karung plastik seperti ini!"

"Dear Manajemen GBK, Kami dari lembaga organisasi kesejahteraan hewan MENDESAK GBK untuk mengevaluasi kegiatan ini, berdiskusi dengan kami untuk Solusi bersama yg terbaik untuk kucing-kucing ini, SERTA memberikan INFORMASI lokasi kucing-kucing itu berada!!"

Baca juga
Penjelasan Lengkap Sekuriti Plaza Indonesia Usai Dipecat: Pukul Anjing Gegara Kucing

Selain itu muncul pula petisi berjudul "Kucing Bukan Hama, Hentikan Kekejaman pada Hewan!" di change.org.

Petugas relokasi kucing di Stadion GBK pakai karung plastik

Menyikapi video viral tersebut, manajemen GBK buka suara. Kepala Divisi Humas, Hukum, dan Administrasi Pusat Pengelolaan Kompleks Gelora Bung Karno (PPKGBK) Asep Triyadi menyayangkan tindakan yang dilaukan pihak ketiga yang disewa pengelola GBK.

"Kami sangat menyayangkan peristiwa relokasi hewan oleh vendor di kawasan GBK yang tidak sesuai standar. Terima kasih kepada #GBKPeople yang peduli terhadap kesejahteraan hewan (animal welfare) di GBK," sebut Asep.

"Saat ini, kami sedang mengevaluasi dan berkomunikasi dengan vendor terkait pengelolaan hewan di GBK. Vendor wajib memahami dan mematuhi standar kesejahteraan hewan yang berlaku," sebut Asep.

"Kami juga membuka diri untuk berkomunikasi dengan komunitas pencinta dan pemerhati hewan untuk mendapatkan saran dan bekerja sama dalam meningkatkan kesejahteraan hewan di GBK," tutupnya.

Asep pun menjelaskan, alasan pihaknya ingin menjadikan kawasan Stadion GBK bebas kucing liar.

"Intinya kami ingin memberikan rasa bersih dan nyaman kepada pengunjung GBK, dalam hal ini di Ring Road Stadion Utama. Saya kira ini juga berlaku di stadion-stadion lain dari dulu."

"Untuk wilayah mana yang steril hal ini sedang menjadi bahan evaluasi kami. Terima kasih," kata Asep.

Artikel lainnya: 5 Tips Membersihkan Kepala Kambing Agar Bebas Kotoran dan Tak Bau Prengus

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait