5 Tips Membersihkan Kepala Kambing Agar Bebas Kotoran dan Tak Bau Prengus

  • Arry
  • 18 Jun 2024 10:54
Kambing(@JarrenSimmons/unsplash)

Kepala kambing merupakan salah satu bagian yang juga nikmat untuk disantap. Bahan Kepala kambing dapat diolah seperti gulai, sop, hingga sate.

Meski demikian, membersihkan kepala kambing cukup sulit. Sebab, banyak bagian yang rumit untuk menyingkirkan kotoran. Selain itu, salah saat membersihkan, kepala kambing dapat berbau prengus.

Mengutip sejumlah sumber, berikut tips membersihkan kepala kambig sebelum diolah jadi gulai hingga sop:

1. Membersihkan Bulu dengan Direbus atau Dibakar

Langkah pertama yang dilakukan adalah menghilangkan bulu-bulu yang ada. Caranya adalah dengan direbus atau juga bisa dibakar. Hal ini agar bulu-bulu di area kepala dapat mudah dicabut.

Untuk perebusan, pastikan Anda membolak balik kepaa kambing agar seluruh area terendam air panas. Setelah cukup panas, angkat kepala kambing dan biarkan sejenak hinggadingin. Kemudian cabut bulunya dengan tangan atau juga dapat menggunakan pisau tajam atau cutter untuk mengerok bulunya.

Jika masih ada bulu yang sulit dicabut, siram lagi dengan air panas pada ara tersebut agar bulu lebih mudah tercabut.

Sementara jika dibakar, tempatkan kepala kambing di atas bara api. patikan kepala kambing terbakar merata agar bulu mudah tercabut. Setelah kepala kambing cukup gosong, angkat dan bersihkan bulunya dengan mengerok menggunakan pisau tajam. Kerok semua bagian kepala secara menyeluruh hingga bulu-bulu halu benar-benar hilang.

Baca juga
Tips Pengolahan Daging Kurban Ala Ahli Gizi: Jangan Dicuci Jika Tak Langsung Dimasak


2. Cuci Kepala Kambing

Setelah semua bulu dicabut, cuci kepala kambing sampai benar-benar bersih. Masukkan kepala kambing ke ember dan gosok dengan tangan untuk membersihkannya. Dapat juga menggunakan sikat gigi untuk menggapai bagian yang sulit.

Setelah itu, bilas kepala kambing di bawah air mengalir. Pastikan seluruh bagian kepala kambing terkena aliran air.


3. Rebus Kepala Kambing

Cara selanjutnya adalah rebus kepala kambing Hal ini dilakukan untuk menghilangkan bau prengus. Lakukan selama sekitar 30 menit. Anda dapat juga memasukkan rempah seperti daun salam, serai, lengkuas, dan daun jeruk agar bau prengus benar=benar hilang.


4. Belah Kepala Kambing

Belah kepala kambing untuk memudahkan saat pengolahan. Banyak yang membelah kepala kambing dengan memisahkan bagian tertentu seperti mata hingga lidah. Bagian-bagian tersebut bagi sebagaian orang terlihat menjijikan atau alasan lainnya.


5. Olah Kepala Kambing

Setelah seluruh bagian bersih dan tidak bau prengus, Anda dapat mulai mengolah kepala kambing menjadi hidangan yang diinginkan.

Artikel lainnya: Deretan Artis Kurban Sapi Jumbo Saat Iduladha 2024

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait