Resep Donat Kentang Tabur Gula Bubuk, Tetap Lembut Meski Sudah Dingin

  • Arry
  • 26 Mei 2024 11:11
Donat kentang tabur gula bubuk(ist/ist)

Donat kentang yang ditaburi gula merupakan camilan yang banyak digemari, apalagi oleh anak-anak. Simak resep donat kentang tabur gula.

Mengolah donat kentang tabur gula ini sangat cocok dikerjakan di akhir pekan, terutama bersama dengan anak-anak. Cara membuatnya pun mudah dengan bahan-bahan yang mudah didapat.

Resep donat kentang gula bubuk

Bahan

200 gr kentang kukus yang dihaluskan
500 gr tepung terigu protein tinggi
80 gr mentega
4 kuning telur
1 sdm ragi instan
100 ml air
1/2 sdt garam
4 sdm gula pasir
4 sdm susu bubuk
Minyak secukupnya, untuk menggoreng
Gula bubuk donat secukupnya

Cara membuat donat kentang gula bubuk

  1. Membuat Adonan: Campurkan tepung terigu, gula pasir, susu bubuk, dan mentega dalam satu wadah besar. Tuangkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga tercampur rata.
  2. Menguleni Adonan: Masukkan mentega dan garam, uleni adonan kembali hingga kalis dan elastis. Bulatkan adonan, tutup dengan serbet lembab, dan diamkan selama 1 jam di suhu ruangan hingga mengembang dua kali lipat.
  3. Membentuk Donat Kentang: Kempiskan adonan dengan cara ditekan perlahan. Taburi sedikit tepung terigu di atas meja kerja. Potong adonan menjadi beberapa bagian dengan berat sekitar 40 gram. Bulatkan setiap bagian adonan dan bentuk seperti donat dengan melubangi bagian tengahnya. Letakkan donat di atas kertas roti yang telah dipotong persegi dan diberi tepung terigu. Diamkan selama 15 menit hingga mengembang kembali.
  4. Menggoreng Donat Kentang: Panaskan minyak goreng secukupnya dalam wajan dengan api kecil. Goreng donat kentang hingga berwarna kuning kecokelatan dan terdapat white ring di bagian tengahnya. Angkat dan tiriskan.
  5. Menyajikan Donat Kentang: Sajikan donat kentang selagi hangat dengan taburan gula bubuk donat secukupnya.

Selamat mencoba membuat donat kentang tabur gula bubuk.

Artikel lainnya: NIK KTP Bakal Gantikan Nomor SIM

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait