Perjuangan Menegangkan Singa Kaki 3, Berenang 1 Km Lintasi Sungai Penuh Buaya

  • Arry
  • 13 Juli 2024 19:19
Jacob, singa berkaki tiga yang sukses berenang 1,5 km melintasi sungai penuh buaya(Alexander Braczkowski/Griffith University)

Dua ekor singa bersaudara melakukan perjalanan menegangkan saat melintasi sungai di Afrika yang penuh buaya. Salah satu singa itu bahkan hanya punya tiga kaki.

Aksi dua singa jantang itu didokumentasikan dalam penelitian yang dilakukan oleh Griffith University dan Northern Arizona University. Penelitian ini diawasi Uganda Wildlife Authority.

Penelitian dipimpin Dr Alexander Braczkowski dari Centre for Planetary Health and Food Security Griffith. Dia merekam aksi dua singa jantang yang diketahui bernama Jacob dan Tibu saat melintasi Selat Kazinga di Uganda.

Singa Jacob dan Tibu merupakan penghuni Queen Elizabeth National Park. Keduanya cukup terkenal. Apalagi Jacob adalah singa yang sempat viral usai selamat dari sejumlah peristiwa membahayakan hingga membuat dia kehilangan satu kakinya.

Baca juga
Usai terjang Mobil Pengunjung, Begini Kondisi yang Dialami Singa Taman Safari

"Jacob mempunyai perjalanan yang paling luar biasa dan benar-benar kucing dengan sembilan nyawa," kata Dr Braczkowski.

Singa itu melintasi sungai pada malam hari. Sehingga tim harus menggunakan kamera pendeteksi panas definisi tinggi (high-definition heat detection) pada drone.

Melansir EurekAlert, singa di Afrika biasanya renang sejauh 10 meter sampai ratusan meter. Namun, Jacob dan Tibu berhasil berenang sekitar 1,1-1,5 km.

Dr Braczkowski memperkirakan, Jacob dan Tibu nekat melintasi sungai penuh buaya itu untuk mencari singa betina.

"Sepertinya dua bersaudara itu sedang mencari betina," ujarnya.

"Persaingan untuk mendapatkan singa betina di taman sangat ketat dan mereka kalah dalam perebutan betina beberapa jam menjelang berenang," jelasnya.

"Jadi kemungkinan besar keduanya melakukan perjalanan berisiko untuk mendapatkan betina di seberang," jelasnya.

Artikel lainnya: Viral Kehadiran Orang Utan Setinggi Rumah, BKSDA Angkat Bicara

 

Related Articles

Berita Terpopuler

Berita Pilihan