Spanyol Juara Euro 2024

  • Arry
  • 15 Juli 2024 05:16
Spanyol vs Inggris: Mikel Oyarzabal mencetak gol kemenangan La Furia Roja atas Inggris (euro2024/uefa.com)

Spanyol memastikan diri menjadi juara Euro 2024. Di partai final, La Furia Roja mengalahkan Inggris dengan skor 2-1.

Duel Spanyol vs Inggris di final Euro 2024 digelar di Olympiastadion, Berlin, Jerman, Senin, 15 Juli 2024 dini hari WIB.

Timnas Spanyol mencoba mengambil alih permainan. Sementara Inggris bermain lebih rapat dan mengandalkan serangan cepat.

Peluang pertama baru terjadi di menit ke-27. Sepakan Fabian Ruiz dari tepi kotak penalti masih bisa dibendung kiper Inggris, Jordan Pickford.

Ketatnya pertahanan Inggris membuat pemain Spanyol kesulitan melakukan serangan. Sebaliknya Inggris pun sulit untuk melancarkan serangan balik karena sudah diantisipasi lini pertahanan Spanyol.

Babak pertama berakhir dengan skor 0-0.

Di babak kedua, pelatih Spanyol Luis de la Fuente mencoba merombak tim dengan menarik Rodri dan memasukkan Martin Zubimendi.

Pergantian pemain ini cukup efektif. Dua menit usai turun minum, Spanyol berhasil merobek jala Inggris. Gol bermula dari sebuah serangan cepat dari sisi kanan.


Spanyol vs Inggris: Nico Williams mencetak gol pertama bagi Spanyol di menit ke-47 usai memanfaatkan peluang dari Lamine Yamal (uefa.com)

Lamine Yamal kemudian mengirimkan bola ke Nico Williams yang berlari bebas di sisi kiri. Dengan sebuah sentuhan, Williams melepaskan tendangan mendatar yang tak dapat dijangkau Pickford. Spanyol unggul 1-0.

Satu menit berselang, Dani Olmo nyaris menggandakan keunggulan Spanyol usai tembakannya hanya melebar tipis di sisi gawang. Pada menit ke-55, Williams juga gagal memanfaatkan peluang menambah golnya.

Gareth Southgate merombang permainan. Dia menarik Harry Kane dan Kobbie Mainoo untuk digantikan Ollie Watkins dan Cole Palmer. Sementara Spanyol juga menarik Alvaro Morata dan memasukkan Mikel Oyarzabal.

Pergantian pemain Inggris cukup jitu. Di menit 73, Palmer berhasil menyamakan skor menjadi 1-1. Gol tercipta dari serangan di sisi kanan yang dilakukan Bukayo Saka.


Spanyol vs Inggris: Cole Palmer mencetak gol penyeimbang untuk Inggris di menit 73 (UEFA.com)

Pemain Arsenal itu kemudian mengirimkan umpan ke kotak penalti. Bola diterima Jude Bellingham yang kemudian mengopernya ke Palmer yang berada di luar kotak penalti. Dengan tenang, Palmer pun melepaskan tembakan mendatar ke pojok kanan gawang tanpa dapat dihalau kiper Spanyol.

Usai skor imbang, permainan kedua tim lebih berkembang. Spanyol pun terus berusaha mendominasi permainan, namun Inggris merepotkan pertahanan Tim Matador lewat serangan cepat.

Menit 81, Yamal nyaris membuat Spanyol unggul. Tembakannya dari kotak penalti berhasil diantisipasi Pickford.

Lima menit berselang, Oyarzabal membawa Spanyol memimpin 2-1. Gol tercipta dari serangan yang dibangun Marc Cucurella di sisi kiri. Oyarzabal pun menyambut umpan mendatar dari Cucurella dengan mudah.


Spanyol vs Inggris: Mikel Oyarzabal mencetak gol kemenangan La Furia Roja atas Inggris (uefa.com)

Inggris nyaris menyamakan skor di menit 89. Peluang ini didapat usai terjadi kemelut di gawang Spanyol. Aksi Dani Olmo berhasil membuat penyelamatan bagus saat menyundul bola di garis gawang.

Hingga pertandingan usai, tak ada lagi gol tercipta. Spanyol menang 2-1.

Kemenangan ini mengantarkan Spanyol menjadi juara Euro 2024. Ini gelar juara ke-4 bagi La Furia Roja. Sementara bagi Inggris, ini kegagalan kedua mereka secara beruntun setelah empat tahun silam mereka kalah di final dari Italia.

Susunan Pemain:

Spanyol: Unai Simon, Carvajal, Laporte, Le Normand, Cucurella, Rodri (Zubimendi 46'), F. Ruiz, Dani Olmo, Nico Williams, Lamine Yamal, Morata (Oyarzabal 68').

Inggris: Pickford, Walker, Stones, Guehi, Luke Shaw, D. Rice, Mainoo (Palmer 70'), Saka, Foden, Bellingham, Kane (Watkins 61').

Artikel lainnya: FBI: Thomas Matthew Crooks Pelaku Penembakan Donald Trump

 

Related Articles

Berita Terpopuler

Berita Pilihan