Jokowi Perintahkan Biaya Tes PCR Maksimal Rp550 Ribu, Hasil 1X24 Jam

  • Arry
  • 15 Agustus 2021 14:21
Presiden Jokowi Umumkan PPKM Darurat Diperpanjang(Setkab RI/youtube)

Presiden Joko Widodo memerintahkan Kementerian Kesehatan untuk menurunkan harga tes polymerase chain reaction atau PCR Covid-19. Presiden juga meminta agar hasil tes bisa diketahui dalam 1X24 jam.

"Saya sudah berbicara dengan Menteri Kesehatan mengenai hal ini, saya minta agar biaya tes PCR berada di kisaran antara Rp 450.000 sampai Rp 550.000," kata Jokowi dalam keterangannya melalui kanal YouTube Setpres, Minggu (15/8/2021).

Jokowi mengatakan, dalam menangani Covid-19, memperbanyak testing atau pemeriksaan adalah salah satu caranya. Salah satu cara untuk memperbanyak testing, menurutnya, dengan menurunkan harga tes PCR.

"Salah satu cara untuk memperbanyak testing adalah dengan menurunkan harga tes PCR," ujarnya.

Baca Juga:
Biaya Tes PCR Covid di Indonesia Mahal? Ini Harganya di Negara Lain

Seperti diketahui, harga tes PCR di Indonesia tengah menjadi sorotan lantaran lebih mahal dari India. Salah satunya adalah dokter Tompi.

“Harga PCR atau swab harus semurah-murahnya!!! Negara harus hadir memastikan ini. Kenapa negara lain bisa lebih murah dari kita saat ini? Bukankah beli bayam 100 selalu lebih murah dari beli bayam 10. Ayolah Bisa! Mohon kendalinya Pak @Jokowi,” tulis Tompi di akun Twitternya @dr_tompi.

Kementerian Kesehatan sebelumnya menyatakan, pemerintah telah menetapkan harga tertinggi tes PCR sebesar Rp900 ribu. Harga ini sudah dikonsultasikan ke sejumlah pihak.

“Pada waktu penetapan SE PCR tentunya sudah dilakukan konsultasi dengan berbagai pihak terkait termasuk auditor, jadi Kemkes tidak melakukan penetapan sendiri sama seperti penetapan harga eceran tertinggi (HET) obat,” kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes Siti Nadia Tarmizi.

Jika dibanding dengan di India memang beda jauh. India sendiri baru saja memangkas harga tes PCR untuk virus Covid-19.

Dilansir dari India Today, Kamis (12/8), harga tes PCR di India turun dari 800 rupee atau sekitar Rp 150 ribu menjadi 500 rupee atau Rp 96 ribu.

 

Baca Juga:

Related Articles

Berita Terpopuler

Berita Pilihan