Megawati Dipastikan Absen Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran

  • Arry
  • 19 Oktober 2024 16:54
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri(pdi perjuangan/pdiperjuangan.id)

Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri, dipastikan tidak hadir dalam pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden. Apa alasannya?

Ketua MPR, Ahmad Muzani, menjelaskan, pihaknya sudah mengirimkan undangan kepada Megawati. Namun mereka tidak bertemu langsung lantaran Ketua Umum PDI Perjuangan itu baru tiba dari Uzbekistan.

"Undangan dengan Presiden kelima Ibu Mega sudah kami sampaikan dan undangan dari tanda terima kami sudah sampai ke alamat Beliau. Namun dari keterangan yang kami dapatkan posisinya Ibu Mega baru saja tiba dari perjalanan lawatan ke Uzbekistan," kata Muzani di Jakarta, Sabtu, 19 Oktober 2024.

Muzani menjelaskan, Megawati bertolak ke Uzbekistan dalam rangka napak tilas perjalanan Bung Karno. Selain itu, Megawati juga ziarah ke makam Imam Bukhari.

Baca juga
Pelantikan Prabowo-Gibran: Rekayasa Lalu Lintas Sekitar Gedung MPR & Sudirman-Thamrin

Akibat perjalanan panjang itu, lanjut Muzani, kondisi Megawati menjadi tidak fit. Hal ini pun terlihat saat putri Proklamator itu hadir di sidang program doktoral Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Universitas Indonesia pada Jumat, 18 Oktober.

"Menyebabkan Ibu kondisinya kurang fit dan flu maka Ibu memutuskan untuk beristirahat. Maka dengan sangat menyesal Ibu memberikan kabar kepada kami melalui Ketua Fraksi MPR dari PDIP Ahmad Basarah untuk beristirahat," jelas Muzani.

Sekjen Gerindra itu menjelaskan, meski Megawati tidak hadir, namun beliau memerintahkan kepada seluruh anggota Fraksi PDIP di DPR/MPR untuk hadir dalam acara pelantikan Prabowo-Gibran besok.

"Beliau sebagai gantinya telah menginstruksikan kepada seluruh anggota Fraksi PDI Perjuangan agar seluruhnya hadir 110 dan menyukseskan acara besok dan memerintahkan agar mereka tidak diperkenankan keluar negeri termasuk keluar kota karena wajib datang besok," tutup Muzani.

Artikel lainnya: Heboh Foto Diduga Abidzar Pamer Alat Vital, Ini Respons Umi Pipik

 

Related Articles

Berita Terpopuler

Berita Pilihan