Presiden Jokowi Berhentikan Budi Gunawan Sebagai Kepala BIN, Jadi Menteri Prabowo?

  • Arry
  • 15 Oktober 2024 12:19
Kepala BIN Budi Gunawan(bin/bin.go.id)

Presiden Joko Widodo memberhentikan Budi Gunawan sebagai Kepala Badan Intelijen Negara atau BIN. Pemberhentian ini memperkuat mantan Wakapolri itu masuk dalam Kabinet Prabowo-Gibran.

Surat pemberhentian dan pengangkatan Kepala BIN baru ini disampaikan Ketua DPR Puan Maharani. Menurutnya, pihaknya telah menerima surat pemberehntian Kepala BIN pada 10 Oktober 2024.

“Selanjutnya surat tersebut telah dibahas dalam rapat Konsul pimpinan DPR RI dan pimpinan fraksi-fraksi DPR RI tanggal 14 Oktober 2024,” kata Puan, dalam Rapat Paripurna DPR RI, Selasa, 15 Oktober 2024.

Baca juga
49 Calon Menteri Sudah Dipanggil: Veronica Tan, Widayanti Putri, Tak Ada dari PDIP

Nama Budi Gunawan santer disebut bakal masuk dalam kabinet pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Namun belum diketahui posisi yang akan dijabat Budi Gunawan.

Untuk diketahui, Presiden terpilih Prabowo Subianto telah memanggil 49 calon menteri ke kediamannya pada Senin, 14 Oktober. Ada sejumlah menteri dari Kabinet Presiden Jokowi, sejumlah petinggi Gerindra, namun belum terlihat calon menteri dari PDIP.

Tokoh-tokoh yang dipanggil antara lain Sri Mulyani Indrawati, Yusril Ihza Mahendra, Erick Thohir, Veronica Tan, Meutya Hafid, Muhaimin Iskandar, Fadli Zon, hingga Maruarar Sirait.

Prabowo pun berencana memberikan pengarahan langsung ke menterinya di Hambalang. Selain itu, Menteri Pertahanan itu juga akan kembali memanggil calon-calon yang akan mengisi kursi wakil menteri.

Artikel lainnya: Kebakaran Hebat di Tambora, 5 Orang Tewas

 

Related Articles

Berita Terpopuler

Berita Pilihan