Jokowi Bantah Cawe-cawe Kabinet Prabowo, Gibran Sebut Ayahnya Beri Masukan

  • Arry
  • 12 Oktober 2024 14:49
Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan Ibu Kota Nusantara atau IKN(muchlis jr/biro pers sekretariat presiden)

Presiden Joko Widodo menegaskan tidak akan ikut campur dalam penyusunan kabinet pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Menurutnya, penyusunan kabinet adalah hak prerogatif dari presiden terpilih.

"Saya [dibilang] ikut ikut intervensi, endak. Saya pun juga tidak mau diintervensi untuk urusan hak prerogatif. Jadi sama saya juga tidak ingin ikut-ikutan," ujar Jokowi di IKN, Jumat, 11 Oktober 2024.

"Tapi kalau ditanya saya jawab. Kalau ditanya. Kalau enggak ditanya, saya enggak akan jawab," ujar Jokowi.

"Pak, gimana ini menurut Bapak, Pak Andre Rosiade [politikus Gerindra yang hadir dalam acara]. Nah, saya jawab, kalau endak, endak. Meskipun kemarin kita [Prabowo-Jokowi] makan malam 2,5 jam enggak kalau enggak ditanya enggak," ujar Jokowi yang akan lengser pada 20 Oktober mendatang.

Baca juga
Bocoran dari DPR Daftar 46 Kementerian Kabinet Prabowo-Gibran

"Karena saya sama, saya tidak mau hak prerogatif saya diintervensi siapa pun. Itu hak yang diberikan pada rakyat kemudian dalam pemilu ditransfer ke saya," ujar ayah wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka itu.

Jokowi pun meminta masyarakat bersabar menunggu siapa menteri yang akan dipilih Prabowo Subianto. Menurutnya, semua akan terjawab pada 21 Oktober, sehari setelah pelantikan presiden.

"Nanti ditunggu saja. Hari Senin, seminggu lagi. Menteri-menterinya akan dilantik," ujarnya.

Baca juga
Kader PDIP Disebut Masuk Kabinet Prabowo-Gibran, Ini Respons Puan Maharani

Sementara itu Wakil Presiden terpilih, Gibran Rakabuming, tak membantah ayahnya ikut memberi masukan dalam penyusunan kabinet baru. Namun semua keputusan ada di tangan Prabowo.

“Ya, ada beberapa masukan-masukan (dari Jokowi), tapi sekali lagi keputusan ada (di) presiden terpilih (Prabowo),” ujar Gibran kepada wartawan.

“Keputusannya ada di Pak Presiden terpilih Prabowo,” kata dia.

Gibran menyatakan, penyusunan personel kabinet sudah hampir 100 persen. Mantan Wali Kota Solo itu memastikan menteri yang dipilih adlaah orang terbaik di posisinya.

“Personel menteri sudah hampir 100 persen. Beliau (menteri) yang terpilih adalah orang-orang terbaik pada posisinya masing-masing,” pungkasnya.

Artikel lainnya: Owner Pallubasa Serigala Jadi Tersangka Kecelakaan Maut yang Tewaskan Istri dan Anak

 

Related Articles

Berita Terpopuler

Berita Pilihan