Daftar Nomor Urut Cagub-Cawagub di Pilgub 2024: Sumut, Jabar, Banten, Jateng, Jatim

  • Arry
  • 24 September 2024 12:03
Pemilu(kominfo/kominfo.go.id)

Komisi Pemilihan Umum Daerah telah menggelar pengundian nomor urut paslon untuk Pilkada Serentak 2024. Nomor urut ini akan digunakan selama kampanye dan nomor di surat suara.

Masa kampanye Pilkada Serentak digelar 25 September hingga 23 November 2024, kemudian pemungutan suara dilakukan pada 27 November.

Berikut daftar nomor urut cagub-cawagub pada Pilgub 2024:

  • Pilgub Sumatera Utara

Pilgub Sumatera Utara diikuti 2 paslon. Bobby Nasution-Surya dan Eddy Rahmayadi-Hasan Basri Sagala.

Bobby Surya diusung 10 partai politik dari Koalisi Indonesia Maju atau KIM Plus yakni Partai Gerindra, Golkar, PSI, hingga PKS. Sementara Edy-Hasan diusung 6 parpol yakni PDI Perjuangan, Hanura, Partai Buruh, PKN, Partai Ummat dan Partai Gelora.

Baca juga
Nomor Urut Pilgub Jakarta 2024: RK-Suswono 1, Dharma-Kun 2, Pramono-Rano Karno 3

Berikut adalah hasil pengundian nomor urut pasangan calon pada Pilgub Sumut:

  1. Bobby Nasution-Surya
  2. Eddy Rahmayadi-Hasan Basri Sagala

Dalam pidatonya, Eddy Rahmayadi, calon petahana, meminta agar KPU-Bawaslu berlaku adil, termasuk menyinggung netralitas ASN.

"Demokrasi ini akan diwasitin oleh KPU kita dan diawasi oleh Bawaslu kita. Saya mohon dengan segala hormat KPU dan Bawaslu berlakulah wasit yang adil. Sehingga kami bisa menjalankan demokrasi ini dengan baik," kata Edy usai pengundian nomor urut.

"Tolong dan mohon dengan segala hormat, adik-adik saya TNI dan adik saya rekan Polri jadilah pelindung dan pengawas dan membina dalam demokrasi ini," ujar Edy.

Sementara Bobby, yang saat ini menjabat Wali Kota Medan sekaligus menantu Presiden Jokowi menyoroti infrastruktur yang tak merata di Sumut.

"Jalan-jalan dari Aceh dari Sumbar begitu naik mobil kalau disopirin gak usah begitu tahu tujuannya mau ke Sumut, tahu kita kapan mau sampainya. Kapan sampainya pas kepala kita kejedot di mobil," kata Bobby.

"Artinya apa, bagus jalan di aceh, bagus jalan di sumbar, begitu masuk Sumut kejedot kepala kita. Benjol kepala kita karena infrastruktur yang ada di Sumut mungkin belum merata," kata suami Kahiyang Ayu itu.

  • Pilgub Banten

Pilgub Banten diikuti 2 paslon. Mereka adalah Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi dan Andra Soni-Dimyati Natakusumah.

Airin-Ade diusung tujuh parpol yakni Partai Golkar, PDI Perjuangan, PBB, PKN, Partai Buruh, Partai Ummat, dan Gelora. Sementara Andra Soni-Dimyati diusung sembilan parpol yakni Gerindra, PKS, Demokrat, PAN, NasDem, PSI, PPP, Golkar, dan PKB.

Berikut adalah urutan nomor pada Pilgub Banten:

  1. Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi
  2. Andra Soni-Dimyati Natakusumah
  • Pilgub Jawa Barat

Pilgub Jawa Barat diikuti empat pasang calon. Yakni Acep Adang Ruhiyat-Gitalis Dwi Natarina, Jeje Wiradinata-Ronal Surapradja, Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie, dan Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan.

Acep-Gita KDI diusung PKB, Jeje-Ronal diusung PDI Perjuangan. Selain itu, Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie diusung PKS dan NasDem. Sementara Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan diusung Gerindra, Golkar, Demokrat, PSI, PAN, Partai Buruh, PKN, Hanura, Gelora, PBB, Partai Garuda, dan Partai Ummat.

Berikut adalah urutan nomor pada Pilgub Jawa Barat:

  1. Acep Adang Ruhiyat-Gitalis Dwi Natarina
  2. Jeje Wiradinata-Ronal Surapradja
  3. Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie
  4. Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan
  • Pilgub Jawa Tengah

Pilgub Jawa Tengah diikuti dua pasang calon. Mereka adalah Ahmad Luthfi-Taj Yasin dan Andika Perkasa-Hendrar Prihadi.

Ahmad Luthfi-Taj Yasin diusung KIM Plus yakni Golkar, PKB, Gerindra, PPP, PAN, NasDem, PSI, Gelora, PKS, Pertai Buruh, Demokrat, hingga PBB. Sementara Andika Perkasa-Hendrar diusung PDI Perjuangan.

Berikut adalah urutan nomor pada Pilgub Jawa Tengah:

  1. Andika Perkasa-Hendrar Prihadi
  2. Ahmad Luthfi-Taj Yasin
  • Pilgub Jawa Timur

Pilgub Jatim akan diikuti tiga paslon. Mereka adalah Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto Dardak, dan Tri Rismaharini-Zahrul Azhar Asumta atau Gus Hans.

Paslon Luluk-Lukmanul diusung PKB. Sementara Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto Dardak diusung KIM Plus seperti Gerindra, Golkar, Demokrat, PAN, PKS, PSI, PPP, Partai Buruh, Partai Garuda, PKN, PBB, hingga Perindo. Sedangkan Risma-Zahrul diusung PDI Perjuangan.

Berikut adalah urutan nomor pada Pilgub Jawa Timur:

  1. Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim
  2. Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto Dardak
  3. Tri Rismaharini-Zahrul Azhar Asumta atau Gus Hans

Artikel lainnya: Kecelakaan Maut Bus Vs Truk di Pati Akibatkan 6 Orang Tewas, Ini Kronologinya

 

Related Articles

Berita Terpopuler

Berita Pilihan