Reshuffle Kabinet: Daftar Menteri, Wamen, Kepala Badan yang Dilantik Jokowi

  • Arry
  • 19 Agustus 2024 10:47
Pelantikan menteri oleh Presiden Jokowi dalam reshuffle kabinet(sekretariat presiden/youtube)

Presiden Joko Widodo melakukan reshuffle kabinet di akhir masa jabatannya. Simak daftar menteri dan wakil menteri, termasuk kepala badan yang dilantik hari ini.

Pelantikan dan pengambilan sumpah menteri, wamen, dan kepala badan digelar di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 19 Agustus 2024. Presiden Jokowi memimpin langsung pelantikan.

Menteri yang dicopot Jokowi adalah Yasonna Laoly dari Menteri Hukum dan HAM serta Arifin Tasrif sebagai Menteri ESDM. Posisi Yasonna yang merupakan kader PDI Perjuangan digantikan politisi Gerindra Supratman Andi Agtas, dan posisi Arifin diisi Bahlil Lahadalia.

Berikut daftar Menteri dan Wakil Menteri yang dilantik:

1. Supratman Andi Agtas (Partai Gerindra) jadi Menkumham RI
2. Bahlil Lahadalia (Partai Golkar) jadi Menteri ESDM
3. Rosan Roeslani (Ketua Timses Prabowo-Gibran) jadi Menteri Investasi
4. Angga Raka Prabowo (Partai Gerindra) Jadi Wamenkominfo

Selain melantik menteri dan wakil menteri, Presiden Jokowi juga melantik kepala badan, termasuk badan yang baru dibentuk yakni Kantor Komunikasi Kepresidenan. Berikut daftarnya:

1. Prof Dadan Hindayana jadi Kepala Badan Gizi
2. Hasan Nasbi (Jubir Prabowo-Gibran) jadi Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan
3. Taruna Ikrar jadi Kepala BPOM.

Jokowi mengambil sumpah ketujuhnya untuk dilantik menjadi menteri, wakil menteri, dan kepala badan. Berikut sumpah yang dibacakan Jokowi diikuti para menteri, wamen, dan kepala badan yang dilantik:

Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab.

Hadir dalam acara pelantikan adalah Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono, Menkominfo Budi Arie Setiadi, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, dan Menko PMK Muhadjir Effendi.

Selain itu tampak pula Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, Mensesneg Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

Artikel lainnya: Perjalanan Kasus Jessica Wongso: Vonis 20 Tahun Hingga Bebas Bersyarat

 

Related Articles

Berita Terpopuler

Berita Pilihan