Viral Istilah Jam Koma di Gen Z, Ternyata Ini Maksudnya

  • Arry
  • 22 Oktober 2024 16:14
Ilustrasi jam(@abn/unsplash)

Istilah jam koma kini tengah viral di kalangan Gen Z. Istilah ini pun kerap menjadi perbincangan Gen Z di sejumlah platform media sosial.

Istilah jam koma mulanya muncul di TikTok. Istilah ini muncul dalam beragam konteks bagaiman Gen Z mengartikan suatu keadaan kelelahan.

Apa sih maksudnya dari jam koma Gen Z?

Mengutip beragam sumber, istilah jam koma ini seperti menggambarkan kondisi tubuh yang sangat lelah. Tak hanya fisik, tetapi juga mental. Kondisi ini menyebabkan seseorang tidak fokus dalam melakukan sesuatu dan mudah lupa akan hal-hal kecil.

Baca juga
Viral Super Hero Dikejar Satpol PP: Spiderman-Bumblebee Kocar Kacir, Hulk Pasrah

Jam koma ini sering dialami mereka yang memiliki gaya hidup sibuk, di mana tubuh dan pikiran terus-menerus dipaksa bekerja meskipun sudah lelah.

Fenomena jam koma ini juga kerap terjadi di saat kondisi tubuh yang sudah sangat lelah, namun otak terus bekerja. Entah memikirkan beban pekerjaan atau masalah yang lainnya. Kondisi ini pun dapat membuat seseorang menjadi kesulitan untuk beristirahat atau tidur yang berkualitas.

Ciri-ciri orang yang mengalami jam koma beragam. Mulai dari memiliki pandangan kosong. Hal ini terlihat dari seseorang yang terlihat tidak fokus pada percakapan atau situasi sekitar, meskipun secara fisik hadir. Kondisi ini menjadi tanda awal dari kelelahan mental.

Ciri lainnya adalah seseorang yang sering melakukan kesalahan dalam menulis dan berbicara. Biasanya orang seperti ini akan sering melakukan typo saat mengirimkan pesan.

Selain itu, jam koma juga dapat terlihat dari seseorang yang sering memberikan jawaban yang tidak sesuai dengan pertanyaan yang diajukan.

Gen Z yang terlihat sering melamun pun juga kerap disebut sedang mengalami jam koma. Pada tahap ini, seseorang benar-benar tidak mampu untuk berpikir dengan jernih yang diakibatkan kelelahan fisik yang dia alami.

Demikian pengertian jam koma Gen Z. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya: Jadwal Timnas U-17 Indonesia vs Kuwait di Kualifikasi Piala Asia U-17

 

Related Articles

Berita Terpopuler

Berita Pilihan