BPOM Rilis 10 Obat Herbal Bikin Gagal Ginjal dan Jantung: Cobra India, Tongkat Arab

  • Arry
  • 9 Oktober 2024 17:27
Ilustrasi obat herbal(ist/ist)

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) merilis 10 obat herbal ilegal yang diduga mengandung bahan kimia. Obat-obatan ini berpotensi menyebabkan gagal ginjal, kerusakan hati, hingga jantung.

Kepala BPOM, Taruna Ikrar, mengungkapkan, pihaknya bersama dengan Polda Jawa Barat telah menyita 218 item obat-obatan herbal dengan nilai ekonomis mencapai Rp8,1 miliar.

Produk ilegal ini diperoleh dari agen dari sumber ilegal yang masih ditelusuri BPOM dan polisi. Produk berbahaya itu pun telah diedarkan ke toko jamu seduh yang ada di Bandung, Cimahi, Purwakarta, Subang, dan Depok.

"Konsumsi obat bahan alam tanpa izin atau mengandung BKO berisiko. Bisa mengakibatkan gagal ginjal, kerusakan hati, gangguan kesehatan lainnya, bahkan kematian," kata Kepala BPOM Taruna Ikrar dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga
BPOM Tarik Roti Okko dari Peredaran, Terbukti Mengandung Natrium Dehidroasetat

Taruna menjelaskan, obat herbal yang disita diuga mengandung bahan kimia seperti parasetamol, fenilbutazon, sildenafil sitrat, mitampiron, hingga deksametason.

Berikut daftar obat herbal yang disita BPOM:

1. Cobra X
2. Spider
3. Africa Black Ant
4. Cobra India
5. Tawon Liar
6. Wan Tong
7. Kapsul Asam Urat TCU
8. Antanan
9. Tongkat Arab
10. Xian Ling

Taruna mengingatkan agar pelaku usaha obat dan bahan alam patuh terhadap aturan yang telah ditetapkan. Kepatuhan juga harus ditunjukkan oleh distributor hingga produsen.

"Berperan aktif dan menunjukkan komitmen konsisten dalam memastikan jaminan keamanan, manfaat, dan mutu obat bahan alam yang diproduksi," katanya.

BPOM juga meminta masyarakat agar cerdas dalam memilih obat bahan alam. Masyarakat diminta mengingat “Cek KLIK” (Cek Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kedaluwarsa).

Artikel lainnya: Aktor DS Dimas Seto Diduga Selingkuhan Paula Verhoeven, Ini Kata Pengacara Baim Wong

 

Related Articles

Berita Terpopuler

Berita Pilihan